Keren! Melalui Game, Mahasiswa President University Dapat Beasiswa Pendidikan dari YGGSEA Indonesia

Oleh : Candra Mata | Selasa, 07 Desember 2021 - 11:52 WIB

Irene Umar Co Founder YGGSEA Indonesia
Irene Umar Co Founder YGGSEA Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Irene Umar, Co-founder of Yield Guild Games South East Asia (YGGSEA) Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kerjasama program “President University x YGG SEA Scholarship” antara perusahaan guild game pertama dan terbesar di dunia ini dengan President University yang berada di Cikarang, Bekasi.

Menurutnya, beasiswa ini unik tidak seperti beasiswa pada umumnya. Dimana para mahasiswa nantinya akan mendapatkan biaya pendidikan di President University dengan hanya memainkan Axie Infinity.

Axie Infinity sendiri adalah sebuah video game online berbasis NFT yang dikembangkan oleh studio Vietnam Sky Mavis, yang menggunakan cryptocurrency AXS dan SLP berbasis Ethereum.

 ““Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan President University dan menjadikan universitas berstandar internasional tersebut sebagai mitra pertama kami di Indonesia. Dengan adanya kolaborasi ini, kami ingin mengubah perspektif dan stigma masyarakat terhadap seorang gamer dan menunjukkan bahwa gamer dapat menjadi sebuah profesi yang dapat menghasilkan. Bahkan, mereka bisa mendapatkan penghasilan yang sangat tinggi jika mereka jago atau ahli dalam memainkan game tersebut. Melalui kolaborasi ini, kami juga secara resmi meluncurkan keberadaan YGG Southeast Asia di Indonesia dan kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan lebih banyak pihak demi berkontribusi secara positif kepada negeri ini,” jelas Irene kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Selasa (7/12/2021).

Dikatakannya lebih lanjut, 
Di YGG diterapkan konsep Play-to-earn atau bermain untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk ekonomi berbasis blockchain.

Dengan berpartisipasi dalam program beasiswa ini, mahasiswa tidak hanya bermain gim saja, namun secara langsung dikenalkan kepada dunia kripto.

"Sehingga kedepannya, kami harap mereka mendapatkan penghasilan yang tinggi untuk bisa mengakses pendidikan yang berkualitas. Di sisi lain, kami juga mengajarkan mereka bagaimana mengatur keuangan dengan baik dari hasil belajar kripto," jelas Irene.

Sejatinya, sambung Irene, setelah lulus seleksi di program beasiswa tersebut, YGGSEA Indonesia akan memberikan mahasiswa sebuah akun Axie Infinity yang berisi 3 (tiga) axie yang bisa langsung digunakan dan nilai nya sekitar USD 600 - 1500 per 3 axie tergantung nilai dari Etherium (ETH), salah satu token crypto yang digunakan dalam Axie Infinity. 

Setelah itu, mereka harus memainkan game tersebut minimal 2 jam sehari untuk mengumpulkan target 3000 SLP setiap bulannya. 

Nantinya, dengan profit sharing model atau model bagi hasil, token yang dihasilkan dari memainkan game tersebut, akan diberikan kepada mahasiswa dan nantinya akan mereka cairkan serta gunakan untuk membayar biaya pendidikan di President University. 

Perlu diketahui, dalam era Metaverse, kampus-kampus di luar negeri, seperti Wharton School di University of Pennsylvania sudah berencana menerima cryptocurrency sebagai biaya kuliah. 

Di Indonesia sendiri, aset kripto atau mata uang kripto tidak bisa menjadi alat pembayaran. 

Namun demikian, aset tersebut dapat dicairkan dengan berbagai cara seperti melalui berbagai exchange kripto atau eksternal wallet.

Sementara itu, Rektor President University, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto, SE, MM, MA, turut menyambut baik kolaborasi ini.

“Kami sangat mengapresiasi YGGSEA Indonesia atas inisiatifnya untuk memberikan mahasiswa kami beasiswa pendidikan agar mereka tetap bisa belajar dan menggapai cita-cita serta impian mereka," ujar Prof Jony.

"Kedepannya, semoga program ini dapat membantu pemerintah untuk mengurangi angka putus sekolah akibat keterbatasan ekonomi, terlebih di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Dengan begitu, akan ada lebih banyak generasi muda kreatif dan cerdas yang bisa memimpin negara ini di masa depan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…