Pandemi Berlarut-larut, INKOPPAS Siapkan Aplikasi Digital Untuk Merubah Perilaku Ekonomi Dalam Pasar

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 04 Desember 2021 - 14:13 WIB

Andrian Lame Muhar Ketua bidang INKOPPAS
Andrian Lame Muhar Ketua bidang INKOPPAS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Situasi pandemi yang berdampak di berbagai sektor, membuat keprihatinan yang mendalam oleh semua pihak. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan sektor ekonomi yang merupakan salah satu sendi kehidupan sangat terpukul atas dampak pandemi ini, di mana pedagang pasar tidak leluasa berjualan seperti sebelumnya. 

Andrian Lame Muhar Ketua bidang INKOPPAS dalam acara Talk Show Pertunjukan Rakyat dengan tema " Membangun Optimisme Pasca Pandemi: Prospek dan Tantangan Pemulihan Ekonomi" yang di gagas KOMINFO di Jakarta ( 01/12/2021), mengatakan INKOPPAS saat ini tengah berupaya untuk merubah perilaku dalam perekonomian di pasar.

"Tadinya perilaku pertemuan langsung secara konvensional atau pedagang bertemu langsung dengan konsumen, sekarang kita arahkan menjadi sosial distancing dengan melalui Digitalisasi sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan Online," ujar Andrian.

Lebih lanjut Andrian mengatakan, digitalisasi bertujuan untuk mengurangi pengunjung berkumpul di Pasar dan mengurangi kegiatan- kegiatan yang terjadi secara langsung antara pedagang pasar dan pembeli. Saat ini INKOPPAS telah membuat atau sedang membuat sebuah aplikasi yang bernama Digipas, yang di dalamnya ada sistem yang terintegrasi antara pengurus- pengurus Induk Koperasi pedagang pasar dengan di bawahnya Puskoppas dan Koppas sebagai koperasi primernya. 

Kemudian para anggota Koppas yaitu pedagang pasar akan dibuatkan aplikasi khusus seperti semacam e-commerce atau dua pencatatan transaksi, yaitu pencatatan suplai ke toko- toko agar pedagang pasar bisa berjualan secara online dan sistem pembayaran secara online, sehingga di harapkan pedagang pasar anggota INKOPPAS tidak berkurang pendapatan atau omset selama keadaan pandemi saat ini.

"Kendalanya adalah merubah tatanan atau merubah kebiasaan para pedagang, sekarang pedagang pasar di rubah menerima uang dengan digital, yang biasanya pedagang pasar menerima uang secara fisik, di butuhkan waktu kebiasaan tersebut," papar Andrian.

INKOPPAS terus berinovasi agar supaya sistem tehnologi ini bisa mumpuni di gunakan pedagang pasar, dengan infrakstruktur yang sudah di siapkan, semoga pedagang pasar bisa tetap berjualan dan tidak mengurangi omset harian atau bulanan.

INKOPPAS menghimbau supaya Pemerintah turut berperan aktif dalam mengendalikan harga- harga kebutuhan bahan pokok yang ada di pasaran, bagaimanapun pemerintah harus turut andil dengan tingginya harga - harga seperti minyak goreng, bawang putih, membuat pedagang berteriak, di hilirnya para pengguna seperti ibu- ibu rumah tangga juga berteriak.

Pemerintah juga diharapan turut membantu permodalan pedagang pasar , khususnya membantu koperasi- koperasi pedagang pasar yang akan di salurkan lewat dana simpan pinjam pedagang pasar, "semoga himbauan dan keluhan INKOPPAS di dengar," kata Andrian. 

INKOPPAS turut mendorong supaya Pemerintah memberi andil Induk Koperasi khususnya pedagang pasar yang terkait dengan pedagang pasar, supaya kuota andilnya lebih besar di bandingkan kuota andilnya pihak swasta. Andrian menilai, seharusnya yang terkait pedagang pasar di berikan ke ahlinya yang mengetahui keadaan pasar.

" Mudah- mudahan dengan adanya acara ini semua pihak yang terkait bisa mendengar dan bersinergi secara holistik, supaya kita bisa bersatu untuk membantu  kehidupan ekonomi para pejuang- pejuang yang ada di pasar khususnya, pedagang dan UMKM yang terkait, semoga pedagang pasar bisa melewati pandemi ini dengan ekonomi yang tidak sulit seperti yang di takutkan selama ini," pungkas Andrian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penyanyi Pop Melayu Andrigo

Minggu, 07 Agustus 2022 - 14:46 WIB

Penyanyi Pop Melayu Andrigo Rilis Single Karam Ditengah Harapan

Dalam bermusik bila ingin mudah dikenali, mesti konsisten d:-\engan genre musik yang sebagai pilihannya. Hal itu yang tengah dijalani, Andrigo, ia setia sebagai penyanyi pop melayu. Sebagai…

OPPO Bazaar Fashion Festival

Minggu, 07 Agustus 2022 - 14:38 WIB

OPPO Bazaar Fashion Festival Jadi Fashion Show Didokumentasikan demham Smartphone OPPO Find X5 Pro 5G

Berbeda dari peragaan busana lain yang menampilkan fashion show dengan sorot pencahayaan yang terang dan gemerlap, OPPO Bazaar Fashion Festival membawa nuansa redup dan temaram namun tetap dengan…

Migas Ilustrasi

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:50 WIB

Hadapi Gejolak Ekonomi Global, AKLP Harap Pemerintah Jamin Keberlanjutan Harga Gas Industri USD6/MMBTU

Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) optimis pemerintah sesegera mungkin akan menetapkan regulasi booster/penguat untuk menghadapi gejolak ekonomi global selepas pandemi Covid-19 yang…

RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:36 WIB

RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

Sejalan dengan perkembangan digitalisasi teknologi dalam sektor kesehatan, berkembang pula penggunaan telemedisin yang dapat mengatasi masalah yang terjadi pada pelayanan kesehatan. Telemedisin…

Ilustrasi PHK (ist)

Minggu, 07 Agustus 2022 - 12:53 WIB

Mengerikan, PHK Perusahaan Startup Terjadi di Sejumlah Dunia! Benarkah Mantan Founder Startup Tak Laku di Bursa Kerja?

Jakarta-Sepanjang 2022 ini, di seluruh dunia terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran pada karyawan sektor teknologi.