Pentingnya Orangtua Berikan Aturan Bermain Internet Pada Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 Desember 2021 - 20:15 WIB

Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)
Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)

INDUSTRY.co.id - Indonesia diketahui sebagai negara dengan kasus cyber bullying terbesar nomor 1 di dunia. Dari riset Google ditemukan juga bahwa 50 persen lebih orangtua khawatir dengan aktivitas anaknya di internet.

Adapun berdasarkan penelitian Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII) 49 persen dari 5.900 responden mengalami perundungan di internet. Selebihnya 47,2 persen belum pernah mengalami perundungan dan 3,8 persen tidak menjawab.

Mardiana R.L Vice Principal Kinderhouse Pre-School mengatakan, ada tiga hal yang dikhawatirkan orangtua, antara lain mengenai keamanan informasi anak, lalu interaksi anak di dunia maya, serta konten yang dikonsumsi anak.

“Karena itu penting bagi orangtua untuk memberikan aturan digital pada anak,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Pertama dengan aturan screen time sesuai dengan usia anak, nol hingga 2 tahun sama sekali belum boleh memegang gadget. Usia 2-3 tahun hanya diperbolehkan 30 menit dalam sehari, kemudian usia 3-5 tahun dibatasi hanya satu jam sehari dengan jeda, dan usia lebih dari 5 tahun maksimal 2 jam sehari dengan jeda.

Dia mengatakan, dengan kasus cyber bullying Indonesia yang menempati nomor 1 di dunia, tentunya orangtua perlu menginformasikan mengenai keamanan internet kepada anak. 

"Dengan memberitahu situs mana saja yang boleh dikunjungi, untuk tidak memberitahu informasi pribadi sebelum izin orangtua, jangan membagikan kata sandi, dan jangan pernah bertemu dengan teman yang belum dikenal melalui internet tanpa sepengetahuan orangtua," tukasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Henry V Herlambang, CMO Kabodbox, Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership, Golda Siregar, dari Power Character dan Andi S seorang Medical Doctor. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Menperin Agus Sidak Distributot Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Minggu, 03 Juli 2022 - 15:25 WIB

Kemenperin: 130 Perusahaan CPO dan MGS Sudah Daftar di SIMIRAH 2.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.