Moms, Begini Cara Melindungi Anak dari Paparan Buruk Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 Desember 2021 - 19:45 WIB

Anak Kecanduan Gadget (Ist)
Anak Kecanduan Gadget (Ist)

INDUSTRY.co.id - Datangnya pandemi Covid-19 membuat kebiasaan baru di masyarakat, salah satunya bagi anak-anak yang akhirnya harus menjalani sekolah secara online. Anak menjadi rentan terhadap bahaya internet, selain manfaat positif yang bisa didapat jika dipergunakan dengan bijak.

Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach mengatakan, orangtua harus melek digital agar dapat melindungi anak dari dampak negatif internet. Terlebih untuk menghindari kecanduan gadget, sebab anak bisa merasa asik bermain media sosial maupun game online dibanding belajar dan berbaur dengan lingkungan sosialnya.

“Orangtua perlu masuk ke dunia anak agar dapat memahami merek dan melindunginya dari paparan negatif internet yang sekarang hampir tak bisa dihindari lagi,” kata Idayanti saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Selain masuk ke dunia anak, orangtua perlu tahu apa yang sedang diminati anak di media sosial dan teman-temannya sebab secara tidak langsung hal tersebut akan memengaruhi mereka. 

Terlebih media sosial dan jenis games online sangat beragam. Hal penting lainnya saat orangtua memfasilitasi anak dengan gadget, berupa laptop maupun iPad usahakan agar aktivitas berinternet anak tidak di dalam kamarnya tapi di ruang terbuka yang orangtua bisa memantaunya.

Hal tersebut dilakukan agar jika ada yang berbahaya orangtua bisa langsung membimbingnya dan bukan memarahinya karena saat anak dimarahi biasanya mereka justru makin penasaran. Namun hal yang lebih penting lagi, orangtua juga harus menjadi contoh karena anak-anak saat ini tidak bisa hanya mendengarkan.

“Mereka juga ingin melihat orangtua melakukan hal yang sama. Misalnya ketika orangtua melarang untuk tidak memakai gadget di kamar, maka orangtua harus melakukan yang sama,” tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Aloysius Wemby, Risk Manager Consultant Pt Prudential Indonesia, Fibra Trias, Editor in Chief Mommies Daily, Andry Hamida, Head of Creative Visual Hello Monday Morning dan Andi S, seorang Medical Doctor.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.