Simak! Ini 5 Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Kuota

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Desember 2021 - 12:42 WIB

Ilustrasi smartphone (ist)
Ilustrasi smartphone (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kebutuhan masyarakat saat ini terhadap pulsa dan kuota internet semakin meningkat. Hal tersebut karena sudah mulai banyak penggunaan smartphone mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia.

Oleh sebab itu, pulsa dan paket internet pun semakin banyak dicari dan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.  Lalu, bagaimana cara memulai bisnis pulsa dan kuota yang mudah?

Cara memulai bisnis pulsa dan kuota yang mudah
Saat ini banyak sekali masyarakat yang membutuhkan smartphone-nya harus terhubung ke internet. Baik karena adanya tuntutan pekerjaan, maupun hanya untuk sekadar hiburan.

Sebagai contoh, biasanya mereka menggunakan kuota internet untuk mendengarkan musik, nonton film, bermain game, update status di media sosial, hingga melakukan belanja online.

Dan tentu saja, semua aktivitas tersebut membutuhkan pulsa dan kuota internet. Melihat banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap pulsa dan kuota saat ini, bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk kamu.

Dan berikut ini cara memulai bisnis pulsa dan kuota yang mudah dilakukan:

1. Persiapkan peralatan pendukung untuk jual pulsa dan kuota
Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyediakan peralatan pendukung agar bisa berjualan pulsa dan kuota. Contohnya kamu harus mempersiapkan handphone, laptop, atau komputer.

Pastikan juga bahwa alat pendukung yang digunakan masih memiliki ruang kosong yang cukup banyak agar tidak lambat saat sedang berjualan.

Kamu bisa juga bersihkan cache pada smartphone jika memori sudah terlalu penuh. Bagi yang belum terlalu paham bisa baca selengkapnya terkait cache adalah apa itu cache hanya di DomaiNesia.

Tetapi akan lebih baik, jika memiliki smartphone yang terhubung ke internet. Alasannya, agar kamu bisa mengunduh dan menjalankan aplikasi jual beli paket data dengan mudah dan cepat.

Kemudian, dengan transaksi via aplikasi, maka kamu tidak akan dikenakan biaya SMS. Jadi, jualan pulsa dan kuota internet bisa lebih hemat modal.

Pastikan saja bahwa koneksi internet tersedia dan lancar saat berjualan, sehingga bisa berlangsung tanpa adanya kendala.

2. Persiapkan modal awal untuk berjualan pulsa dan kuota
Selanjutnya, kamu wajib menyiapkan modal awal yang jumlahnya tidak terlalu besar. Perkiraan modal awal untuk berjualan pulsa dan kuota biasanya mulai dari 100.000 ribuan saja.

Dengan modal kecil, tetapi potensi kamu untuk mendapatkan keuntungan ternyata cukup besar apabila banyak masyarakat yang sering membeli pulsa dan kuota.

Apabila sudah mendapatkan keuntungan yang cukup besar, tak ada salahnya untuk coba kembangkan usaha jualanmu dengan melengkapi produk lain, seperti paket perdana, dan aksesori HP, atau hal lainnya.
Modal selanjutnya adalah server seperti VPS

3. Persiapkan tempat untuk berjualan pulsa dan kuota
Menyiapkan tempat untuk berjualan ini sebenarnya adalah pilihan yang bisa kamu lakukan atau tidak.

Jika ingin memiliki toko pulsa, kamu tidak perlu tempat yang besar tetapi cukup mudah terlihat, dan berada di lokasi yang ramai.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa berjualan pulsa di halaman rumah dengan menggunakan  banner sebagai petunjuk bagi calon konsumen untuk datang dan membeli paket data di toko.

4. Bergabung dengan aplikasi jual beli pulsa dan kuota online
Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak layanan agen jual beli pulsa dan kuota yang bisa kamu coba.

Namun, sebelum itu kamu bisa melakukan riset dan bertanya terlebih dahulu terkait berbagai jenis layanan yang ditawarkan tersebut.

Tak hanya sekadar kepercayaan dan layanan, tetapi beberapa hal seperti kelengkapan produk, harga murah, kecepatan transaksi, hingga layanan pelanggan yang responsif bisa menjadi bahan petimbangan.

Selain itu, pilih juga layanan yang memberikan nilai tambah, seperti pembayaran tagihan listrik, pembelian token listrik, pembayaran tagihan PDAM, PBB, dan lain-lain.

Apabila sudah menentukan layanan yang kamu pilih untuk berjualan pulsa dan kuota, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi layanan tersebut di smartphone.

Download aplikasi yang kamu pilih
Setelah selesai mengunduh, instal di HP kamu dan lakukan pendaftaran. Kemudian, lengkapi persyaratan yang dibutuhkan dan selesaikan proses pendaftarannya.

Daftar, isi deposit, dan mulailah berjualan pulsa serta kuota
Setelah melakukan pendaftaran menjadi agen di layanan tertentu barulah kamu mengisi saldo atau deposit. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk pengisian saldo, contohnya seperti transfer bank, membayar lewat minimarket, hingga virtual account.

Setelah saldo sudah dipastikan terisi, kamu baru bisa mulai mempromosikannya ke saudara, teman, hingga tetangga terdekat.

5. Melakukan promosi jualan
Cara terakhir yaitu melakukan promosi. Saat ini, melakukan promosi sudah semakin mudah dengan adanya media sosial. Kamu tidak perlu lagi membagikan selebaran kepada orang-orang. Tetapi cukup mengunggah jualan di media sosial untuk promosi.

Strategi promosi melalui media sosial saat ini terbilang yang paling efektif saat berjualan. Tak ketinggalan, pastikan juga kamu membuat iklan semenarik mungkin.

Itulah beberapa cara memulai bisnis pulsa dan kuota. Cukup mudah, bukan? Tak perlu modal awal yang besar, tetapi keuntungan yang didapatkan cukup menjanjikan. Semakin banyaknya masyarakat yang butuh akan pulsa dan kuota, tentu membuat peluang bisnis di pasaran  semakin bagus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…