Perubahan ke Arah Digitalisasi Tetap Perlu Menerapkan Toleransi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 20:15 WIB

Ilustrasi transformasi digital (Doc:infokomputer)
Ilustrasi transformasi digital (Doc:infokomputer)

INDUSTRY.co.id - Era digital dimaknai sebagai suatu kondisi di mana setiap aspek kehidupan disokong dengan revolusi teknologi mutakhir.

Digitalitasi kini berkembang di seluruh bidang, mulai dari komunikasi, finansial, perdagangan elektronik atau e-commerce, sosial budaya, hingga pendidikan.

“Di era yang tanpa batas ini sangatlah penting untuk menghargai berbagai perbedaan,” kata Dominicus R, Dosen Fakultas Hukum UNEJ saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sementara itu menurutnya, keterbatasan dalam memahami keragaman akan menimbulkan fanatisme tanpa dasar kuat, sehingga dapat menimbulkan radikalisme. 

Bahkan Presiden Joko Widodo sempat mengatakan bahwa sebagai bangsa yang besar, Indonesia akan disebut mundur ke belakang jika energi dihabiskan untuk sesuatu pertentangan suku, agama, dan golongan,

Dia mengatakan, tak terkecuali dalam konteks demokrasi dan toleransi era digital juga membawa paradoks tak terhindarkan. Di mana setiap orang dapat menyebarluaskan kebaikan dan toleransi, namun juga menyuburkan kepalsuan dan intoleransi.

Internet juga memperluas potensi orang-orang untuk memahami satu sama lain, namun juga berpotensi menyebarkan kefanatikan, kebencian dan terorisme sehingga toleransi tak bisa ada di dalamnya. 

"Internet juga mempercepat dan memperluas fragmentasi serta memperkuat prasangka. Karena itu diperlukan pengertian sikap toleransi yang dipupuk setiap pengguna media digital dengan literasi digital agar setiap orang bisa memahami dan menghargai perbedaan," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Webinar kali ini juga mengundang nara sumber seperti Jendral Dudung, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Aliyah, Tenaga Ahli MPR RI, Romo Chrisanctus, Ketua KKPPMP Keuskupan Pangkalpinang, dan Vivian Wijaya, seorang Enterpreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…