Ini Baru TOP! HM Sampoerna Gelontorkan Investasi Rp8,7 Triliun Bangun Pabrik IQOS-HEETS di Karawang

Oleh : Candra Mata | Rabu, 01 Desember 2021 - 08:55 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketum Kadin Arsyad Rasjid dalam peresmian Pabrik Sampoerna di Karawang
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketum Kadin Arsyad Rasjid dalam peresmian Pabrik Sampoerna di Karawang

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mrnyampaikan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik Investasi Pabrik IQOS-HEETS atau produk tembakau inovatif bebas asap yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna di Karawang, Jawa Barat.

"Tadi pagi, saya bersama dengan Menteri Investasi Bapak Bahlil Lahadalia dan Ketua Umum KADIN Bapak Arsjad Rasjid menghadiri acara 'Peresmian Investasi Pabrik IQOS-HEETS atau produk tembakau inovatif bebas asap PT HM Sampoerna' di Karawang, Jawa Barat," ucap Menko Airlangga seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk dunia usaha, adalah hal yang penting karena dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan mendorong Indonesia meraih momentum akselerasi pemulihan ekonomi.

"Kami juga menyampaikan terima kasih serta apresiasi atas komitmen para pelaku industri yang terus memperluas investasi di Tanah Air serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

"Ke depannya kita harapkan akan semakin banyak perusahaan yang memperluas portofolio investasinya di Indonesia," pungkas Airlangga.

Perlu diketahui, pada 30 November 2021, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melakukan investasi pembangunan fasilitas produksi produk tembakau inovatif IQOS-HEETS di Indonesia dengan nilai US$166,1 juta di Karawang. 

Fasilitas ini sendiri direncanakan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2022.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menyatakan bahwa dengan investasi tersebut, Sampoerna juga berkomitmen untuk turut menciptakan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia, khususnya bagi pengembangan UMKM dan petani tembakau. 

"Keseluruhan nilai komitmen tersebut adalah sekitar US$635,2 juta atau setara dengan Rp8,7 triliun," ujar Arsyad.

,"Dengan semangat inklusif dan kolaboratif, KADIN Indonesia mendukung komitmen Sampoerna untuk terus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, khususnya pengembangan UMKM dan petani tembakau," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Dorong Penggunaan Energi Bersih di Kawasan Industri GIIC, SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem, Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang Lho!

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…

Kawasan industri terpadu (KIT) Batang

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:10 WIB

Dahsyat! Bawa Duit Berkoper-koper, Wavin BV Segera Bangun Pabrik di KIT Batang

Perusahaan asal Belanda, Wavin BV bakal segera membangun pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Nilai investasi produsen pipa global Wavin BV dari Belanda pun cukup besar…