Industri Film Menghangat, Tim Patriot Laporkan Pendudukan Kantor Parfi Secara Ilegal ke Bareskrim

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 November 2021 - 13:00 WIB

Tim Patriot Laporkan Pendudukan Kantor Parfi Secara Ilegal ke Bareskrim
Tim Patriot Laporkan Pendudukan Kantor Parfi Secara Ilegal ke Bareskrim

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tim Lima atau dikenal juga sebagai Tim Patriot  melaporkan pihak-pihak yang menduduki kantor PB. Parfi di Lantai IV Gedung PPHUI Kuningan, Jakarta Selatan, ke Bareskrim Mabes Polri, Senin. (29/11/2021).

Ditemani oleh Pengacara Ari Tarigan SH, 4 anggota -- tanpa Yana Achbarie -- Tim Patriot datang ke Bareskrim dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan.

Tim Patriot yang terdiri dari 5 anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) senior, yakni Soultan Saladin, Mutiara Sani, Syaiful Amri, Agus Wibowo dan Yana Achbarie, melaporkan Pengurus Perkumpulan Artis Film Indonesia (juga disingkat PARFI) yang dipimpin oleh Ketua Umumnya Alicia Johar dan Sekjen Gusti Randa.

PARFI Pimpinan Alicia Johar dinilai telah membelokan sejarah karena melakukan perinahan akte PARFI yang semula bernama Persatuan menjadi Perkumpulan.

"Mereka tidak bisa seenaknya dong merubah nama PARFI. Itu kan sejarah, sejak didirilan oleh bapak-bapak perfilman tahun 1956. Lalu atas mandat siapa merwka seenaknya mengganti menjadi Persatuan? Tujuannya apa? Apa supaya diakui Kemenkumham? Supaya dalat akte?," kata Soultan Saladin usai melapor di Bareskrim Polri.

Saladin menambahkan, karena memakai nama Perkumpulan, PARFI Pimpinan Alicia Johar juga tidak berhak menempati kantor di Lt.IV Gedung PPHUI yang sejak awal diperuntukan bagi PARFI yang menggunakan nama Persatuan.

"Oleh karena itu kami minta mereka ke luar dari sana, karena kantor itu bukan hak mereka," tambah Saladin.

Aktor Agus Wibowo (Ago) yang ikut ke Bareskrim menjelaskan, bahwa dirinya pernah diminta untuk menjadi Steering Committe (SC) menjelamg Kongres Parfi di Hotel Maharaja, tahun 2020 lalu. Tetapi dia meminta agar sebelumnya dilakukan islah dengan Soultan Saladin, yang ketika itu memilih berada di luar.

"Ternyata Alicia Johar tidak pernah mengajak Soultan Saladin untuk bergabung di Parfi yang memilihnya. Padahal kami tahu Kemenkumham meminta agar dilakukan islah antara Pak Aspar Patturusi dan Soultan Saladin jika ingin akte Parfi dikeluarkan. Sekarang memang diakui oleh Kemenkumham, tapi Perkumpulan, bukan Persatuan. Saya siap menjadi saksi dalam hal ini," papar Ago.

Sebelumnya, Jum'at (27/11/2021) Tim.Lima dalam jumpa pers di Gedung Benyamin Suaeb menyatakan akan menggelar kongres dalam waktu dekat.

Kongres akan diadakan untuk memurnikan kembali PARFI. Kongres yang akan diadakan diklaim sesuai dengan AD/ART PARFI, dan telah terjadinya islah antara pemegang mandat Wakil Ketua Umum PARFI usai Kongres PARFI di Lombok Soultan Saladin, dan Aspar Patturusi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…