Menyadari Etika saat Berinteraksi dengan Warga Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 November 2021 - 14:30 WIB

Ilustrasi Berkomentar di Dunia Maya atau Bermain Internet (Ist)
Ilustrasi Berkomentar di Dunia Maya atau Bermain Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Penetrasi pengguna internet meningkat di seluruh dunia dan kini sudah mencapai 4,66 miliar atau lebih dari setengah populasi global. Kehadiran dan pertumbuhan internet ini, akhirnya menjadi bentuk komunikasi massa. Budaya digital lalu terbentuk karena penggunaan teknologi digital secara masif. 

Iman Darmawan, Fasilitator Public Speaking & Founder IMan KoMunika mengatakan digitalisasi menawarkan dunia baru, dengan berbagai faktor negatif dan positifnya. Setiap orang bisa memanfaatkan untuk kepentingan ekonomi, seperti fungsi digital marketing yang kini menjadi ranah content creator.

“Jika setiap orang dapat menemukan nilai, segmen, dan posisi di dunia digital maka individu tersebut akan mendapatkan manfaat dari internet,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Jawa Barat I, Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Adapun budaya berinternet dengan etika memberikan pedoman atau kode perilaku tidak tertulis yang mengarahkan individu untuk bertindak secara tepat dan membuat pilihan yang benar. Para penggunanya perlu membuat pilihan-pilihan secara sadar, tidak sembarangan dalam mengunggah atau berbagi hal di internet. Termasuk ketika berkomentar dan mengunggah ulang suatu informasi yang belum tentu benar.

Selanjutnya mengenai etika digital ada beberapa hukum dan norma yang harus dipelajari dan disadari, sebab ada konsekuensi tindakan dan keberadaan individu di ruang digital. Bahasa sendiri sebenarnya satu kesatuan dengan membaca dan berbicara, sebab itu mengenai tanda baca pahami angka, huruf, dan simbol.

"Berbahasa yang baik dan benar harus menjadi perhatian setiap pengguna karena mencerminkan karakter seseorang di dunia digital. Sebab setiap orang kini bisa berbicara lewat teks di media sosial tanpa terlihat namun bagaimana pun biasakan untuk menerapkan etika dan keberadaan orang lain di ruang digital," pungkasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dee Ferdinand, B2B Digital Strategy Coach, Nikita Dompas, Produser & Music Director, Rino dari Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma, dan Inge Indriani, Founder Bumbukatjangkoe. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…