Melihat Potensi Content Creator di Era Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 November 2021 - 13:45 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi dan peningkatan jumlah pengguna internet membawa setiap orang lebih banyak beraktivitas di ruang digital dan memanfaatkan internet untuk berinteraksi dengan manusia lain. 

Kebiasaan baru dengan adanya jaringan internet dan berbagai platform media sosial akhirnya membuat orang selalu aktif mengupdate informasi, bahkan mengupdate aktivitas di media sosial dengan aset manusia di dalamnya.

“Sadar tidak sadar, saat kita memakai sosial media sebenarnya kita sudah menjadi content creator,” kata Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sebagai orang yang terjun ke bidang event creator, Dino pun berbagi mengenai bagaimana membuat content yang baik, antara lain membuat konten berdasarkan interest atau hobi yang disukai. Kemudian melakukan riset kecil terlebih dahulu yang bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat dan fitur seperti Google Tren, Sportify, agar bisa mengetahui segala sesuatu yang sedang tren saat ini

Lalu buatlah identitas dan segmen yang kuat sehingga audiensnya pun akan spesifik. Terpenting lainnya adalah memastikan faktor Why, dan berikan nilai tambah dengan konsep dan sisi unik konten.

Jangan lupa ajak sektor-sektor pendukung untuk bekerja sama dalam tim dalam membuat video dan foto melakukan shooting. Seperti adanya peran editor yang melakukan proses editing dan desain grafis agar desain visualnya keren.

Menjadi tambahan, Dino juga mengungkapkan terkait audience. Sebagai subjek, buatlah konten yang menarik dan atraktif sebab konten uang dibuat bersaing bagus dengan jutaan konten lainnya.

"Berikutnya buatlah komunikasi yang menciptakan rasa penasaran. Relevan serta mengikuti tren masa kini. Terakhir buatlah promosi, hal tersebut saat ini bisa melalui media sosial sebab membuat iklan pun semakin mudah di era digital ini dan sudah sangat tersegmentasi," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Jawa Barat I, Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Fibra Trias, Editor in Chief Mommies Daily, Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi, Taufik Hidayat, Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf dan Michiko Utoyo, seorang Mompreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Menperin Agus Sidak Distributot Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Minggu, 03 Juli 2022 - 15:25 WIB

Kemenperin: 130 Perusahaan CPO dan MGS Sudah Daftar di SIMIRAH 2.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.