UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi Karena Beradaptasi dengan Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 November 2021 - 18:00 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

INDUSTRY.co.id - Pandemi disebut sebagai masa sulit bagi para pelaku bisnis kecil maupun menengah, namun berkat adaptasi perkembangan zaman dan penggunaan sistem online dengan digital semua dapat teratasi.

“Jutaan UMKM telah merambah ekosistem digital selama pandemi. Totalnya kini lebih dari 64 juta UMKM telah bergabung di marketplace keseluruhan,” kata Irma Nawangwulan Kepala Program Studi Business & Management St.Gabriel’s Pre University saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Para pelaku UMKM bisa bertahan di kala pandemi karena adaptasi ke digital, salah satunya dengan bergabung di marketplace.
Melihat dampak positifnya, para UMKM yang belum bergabung pun diajak untuk bisa go digital. Tapi tentunya perlu ada persiapan sebelum UMKM masuk ke marketplace.

Di antaranya hindari kurang persiapan, belum paham mengenai cara mengikuti berbagai promo di marketplace, serta tidak tahu cara merawat toko dengan menjalin dan berkomunikasi baik kepada pelanggan. Sebaiknya juga, jangan langsung bergabung di banyak marketplace sewaktu merintis, akan lebih baik jika belajar dulu cara mengelola toko.

Para pelaku UMKM yang bergabung di marketplace pun akan memperoleh berbagai keuntungan. Seperti tidak perlu bayar uang sewa toko dan memiliki jangkauan lebih luas. Marketplace pun menjadi cara bertahan selama pandemi. 

"Hasil survey KIC Katadata menyebutkan 77 persen UMKM terbantu dari marketplace dalam memasarkan produk sehingga bisa bertahan dan berjualan di masa pandemi. Dengan bergabung di marketplace pelaku UMKM juga bisa memperluas jaringan bisnis. Tak hanya di satu kota, bahkan bisa menjangkau seluruh Indonesia," jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Alda Dina, Bangun Guru SD Cahaya Bangsa Kota Baru Parahyangan, Roky R. Tampubolon, seorang Praktisi Hukum, Ninik Rahayu, Tenaga Profesional Lemhamnas RI 2021, dan Bianca Utaya, Creative Director of Murni Sarana Cargotama. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pimred InfoSAWIT, Ignatius Ery Kurniawan; Dewan Redaksi InfoSAWIT, Edi Suhardi; Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi), Rukaiyah Rafiq; Jurnalis Senior Kantor Berita Antara, Risbiani Fardaniah; Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), Khadikin; Kepala Divisi Perusahaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Achmad Maulizal Sutawijaya.

Rabu, 07 Juni 2023 - 22:39 WIB

Mengintegrasikan Industri Hulu Hingga Hilir Sawit Berkelanjutan

Industri perkebunan kelapa sawit sebagai industri hulu sawit memang berkembang pesat di Indonesia sebagai industri yang tahan krisis. Bertumbuhnya produksi minyak sawit mentah atau CPO setiap…

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) bersama Universitas Trisakti menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, dan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pemberian Fasilitas Kredit Ritel, Bantuan Penagihan, dan Pembayaran Kolektif Angsuran Kredit Ritel.

Rabu, 07 Juni 2023 - 21:07 WIB

Dukung Dunia Pendidikan, bank bjb Kolaborasi dengan Universitas Trisakti

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) bersama Universitas Trisakti menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, dan Penandatangan Perjanjian…

Asabri serahkan santunan ke ahli waris

Rabu, 07 Juni 2023 - 20:59 WIB

ASABRI Serahkan Rp450 Juta ke Ahli Waris Kopassus yang Gugur di Papua

Almarhum Letda Aviadi Rahmat Katamsyah Putra, Prajurit bangsa kelahiran Banjarbaru ini gugur setelah mengalami kontak tembak dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TNPB) pada hari Selasa,…

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertukar cenderamata dengan Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima

Rabu, 07 Juni 2023 - 19:30 WIB

Menperin Agus Sukses 'Rayu' Isuzu Relokasi Pabrik Truk dari Thailand ke Indonesia

Melanjutkan agenda kunjungan kerja di Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan jajaran Isuzu Motors Ltd. di Tokyo pada Selasa (6/6). Isuzu…

Di Annual Press Conference 2023, Bosch Indonesia umumkan capaian penjualannya sepanjang 2022.

Rabu, 07 Juni 2023 - 17:23 WIB

Dukung Manufaktur Lokal, Bosch Capai Penjualan Tertinggi Di Indonesia

Bosch Indonesia catat penjualan lebih dari Rp2 triliun sepanjang tahun 2022, yang merupakan yang tertunggu sejak Bosch beroperasi di Indonesia pada 2008.