UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi Karena Beradaptasi dengan Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 November 2021 - 18:00 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis demi Kemajuan Usaha

INDUSTRY.co.id - Pandemi disebut sebagai masa sulit bagi para pelaku bisnis kecil maupun menengah, namun berkat adaptasi perkembangan zaman dan penggunaan sistem online dengan digital semua dapat teratasi.

“Jutaan UMKM telah merambah ekosistem digital selama pandemi. Totalnya kini lebih dari 64 juta UMKM telah bergabung di marketplace keseluruhan,” kata Irma Nawangwulan Kepala Program Studi Business & Management St.Gabriel’s Pre University saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Para pelaku UMKM bisa bertahan di kala pandemi karena adaptasi ke digital, salah satunya dengan bergabung di marketplace.
Melihat dampak positifnya, para UMKM yang belum bergabung pun diajak untuk bisa go digital. Tapi tentunya perlu ada persiapan sebelum UMKM masuk ke marketplace.

Di antaranya hindari kurang persiapan, belum paham mengenai cara mengikuti berbagai promo di marketplace, serta tidak tahu cara merawat toko dengan menjalin dan berkomunikasi baik kepada pelanggan. Sebaiknya juga, jangan langsung bergabung di banyak marketplace sewaktu merintis, akan lebih baik jika belajar dulu cara mengelola toko.

Para pelaku UMKM yang bergabung di marketplace pun akan memperoleh berbagai keuntungan. Seperti tidak perlu bayar uang sewa toko dan memiliki jangkauan lebih luas. Marketplace pun menjadi cara bertahan selama pandemi. 

"Hasil survey KIC Katadata menyebutkan 77 persen UMKM terbantu dari marketplace dalam memasarkan produk sehingga bisa bertahan dan berjualan di masa pandemi. Dengan bergabung di marketplace pelaku UMKM juga bisa memperluas jaringan bisnis. Tak hanya di satu kota, bahkan bisa menjangkau seluruh Indonesia," jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Alda Dina, Bangun Guru SD Cahaya Bangsa Kota Baru Parahyangan, Roky R. Tampubolon, seorang Praktisi Hukum, Ninik Rahayu, Tenaga Profesional Lemhamnas RI 2021, dan Bianca Utaya, Creative Director of Murni Sarana Cargotama. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.