Sejumlah Artis Senior Bentuk PATRIOT Ingin Memurnikan PARFI

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 November 2021 - 12:00 WIB

Tim 5 PARFI Patriot, Herman Ago, Mutiara Sani, Syaiful Amri, Soultan Saladin dan Aspar Paturusi
Tim 5 PARFI Patriot, Herman Ago, Mutiara Sani, Syaiful Amri, Soultan Saladin dan Aspar Paturusi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Gonjang Ganjing Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) nampaknya belum akan berakhir masih berlanjut. Dimotori aktor kawakan Soultan Saladin, didukung Aspar Paturusi dan Mutiara Sani. Mereka bersepakat untuk meminta kembali sekretariat PARFI yang bermarkas di komplek perkantoran H. Usmar Ismail, Kuningan Jakarta Selatan.

Kelompok yang menamakan dirinya "Patriot" menegaskan ingin mengembalikan marwah PARFI dan memurnikan Parfi.

"Parfi itu organisasi profesi. Wadah bintang, aktor dan aktris film. Bukan pemain sinetron, artis YouTube. Karena wadah artis sinetron,  sudah ada. Bentar lagi ada artis YouTube, " ujar Sultan Saladin.

Aktor yang berakting di layar perak sejak 1972 lewat film "Kabut Bulan Madu" dan "Intan Berduri" ini menambahkan "Nah sekarang kita murnikan lagi PARFI sebagai wadah orang film, " tegas aktor

PARFI berdiri awal Maret 1956 sebagai wadah aktor aktris film nasional oleh Djamaludin Malik dan Usmar Ismail. Terpilih sebagai ketua pertama Suryo Sumanto.

"Kami ingin kembalikan marwah PARFI sebagai organisasi insan film, " kata Soultan Saladin, berkali kali.

Mutiara Sani, aktris film dan teater isteri sutradara dan budayawan Drs. Asrul Sani menyatakan, di masa lalu Parfi punya aura kehormatan tersendiri dan disegani oleh organisasi lain. Tapi sekarang sudah berubah.

"Jadi Parfi sekarang bukan untuk orang banyak melainkan untuk kepentingan diiri sendiri, " jelasnya

"Ini yang membuat  saya terus merenung dan gelisah. Beruntung saya tak sendiri" kata Mutiara Sani.

"Film adalah dunia saya dan dunia suami saya. Hal yang saya ingin di sisa kehidupan saya, melihat Parfi kembali bermartabat. Punya nilai, " kata kakak dari dramawati dan aktivis Ratna Sarumpaet ini.

"Saya memang sempat jadi sekjen di sana. Dan yang saya lihat orang orang di dalam organisasi memanfaatkan Parfi untuk keuntungan diri sendiri - yang di masa lalu tidak saya lihat,  " kata aktris yang memulai debut lewat film "Bulan di Atas Kuburan" dan "Jembatan Merah" (1973) ini.

Sedangkan Aspar Paturusi menyatakan bahwa mereka  yang ada di Parfi Kuningan saat ini tidak punya kedudukan hukum.

Saya lihat pelanggaran hukum. Ada perubahan dari badan hukum dari PB Parfi ke Perkumpulan Parfi (tanpa kongres) sebagai jalan pintas agar dapat pengesahan KemenkumHAM

 

"Dengan mengubah nama menjadi  'perkumpulan' artis film otomatis mengubah status mereka di PB Parfi. Jadi mereka tidak berhak lagi ada di sana, " kata Aspar Paturusi.

"Kami kepala tujuh semua. Seharusnya sudah pensiun dan jadi profesor emeritus. Jadi anggota kehormatan, tapi masih terus berjuang, " kata aktor kelahiran Bulukumba,  Sulawesi Selatan ini.

Kami justru dianggap melanggar hukum. Kenapa masih pakai ketua dewan pertimbangan hukum. Nama itu ada di Kemenkumham tidak berubah dan tidak kedaluwarsa .

"Di sini istilahnya kami tidak 'turun' -  kami ingin berdiri di tengah pergolakan Parfi. Meski dalam situasi perfilman sekarang ini, " kata Aspar Paturusi, yang selain dikenal sebagai aktor juga penyair dan novelis.

Perjuangan mereka didukung oleh Hasanuddin Nasution yang 20 tahun bergelut di dunia hukum dan kepengacaraan dan pernah jadi Sekjen 20 tahun di Peradi.

Menurut Hasanuddin Nasution, setelah mempelajari berkas berkas pendiriannya, tak ada perubahan nama PB Parfi sejak pendiriannya di tahun 1956. "Perubahan satu huruf pun akan mengubah status hukum. Jadi perkumpulan Parfi yang di Kuningan itu bukan PB Parfi, " kata Nasution.

Aktor aktris kawakan yang tergabung dalam Tim Patriot  ini dalam waktu dekat membentuk OC organizing comitte dan SC steering comite dan merekrut aktor aktris yang sependirian. 

"Sebenarnya kami sudah lelah tapi apa boleh buat keadaan membuat kami turun lagi, " kata Mutiara Sani.

"Harap dicatat ya. Kami berjuang tanpa keinginan duduk di satu posisi. Kami ingin Parfi dipimpin oleh orang yang layak duduk di dalamnya," tandas Mutiara Sani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…