Jadilah Warganet yang Menyebarkan Budaya Kreatif dan Produktif di Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 25 November 2021 - 16:15 WIB

Ilustrasi Bermain Medsos (Ist)
Ilustrasi Bermain Medsos (Ist)

INDUSTRY.co.id - Aktivitas online masyarakat semakin tinggi, kini ruang digital pun dimanfaatkan untuk penyebaran budaya Indonesia melalui unggahan konten-konten kreatif. Hal tersebut sangatlah relevan sebab platform digital sedang bertumbuh, dibarengi peran aktif masyarakat menyebarkan budaya kreatif yang positif di internet.

Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership mengatakan, ruang digital saat ini berkembang pesat. Berbagai platform media sosial terus memberikan sesuatu yang baru, bahkan belum selesai belajar kemudian muncul lagi fitur-fitur lain untuk dimanfaatkan.

“Kita tidak bisa stop itu karena bagian dari perkembangan zaman. Justru kita yang harus beradaptasi kalau nggak ketinggalan,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat ,  melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Berbagai platform ruang digital sedang populer sekarang, antara lain Instagram yang belum lama mengeluarkan reels dengan gambar bergerak. Selanjutnya ada TikTok yang kini bisa menampilkan durasi video lebih lama dari sebelumnya, serta YouTube yang durasinya panjang dengan kategori audiens lebih beragam.

“Berbagai platform tersebut bisa dijadikan sarana penyebaran budaya dengan cara yang kreatif karena penggunanya bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik sehingga akan menghasilkan konten lebih hidup dan menarik,” katanya lagi.

Adapun mengenai konten kreatif sebagai sarana penyebaran budaya Indonesia yang positif isi pesannya dimunculkan dalam bentuk konten berbagi ilmu. Misalnya berupa cara mengedit foto, resep masakan kuliner Indonesia, termasuk tips DIY (Do It Yourself). 

Saking banyaknya, setiap orang bisa menyebarkan semangat sekaligus energi positif kepada pengguna lainnya. Bahkan untuk lebih kreatif lagi seorang content creator bisa membuat konten kolaborasi, seperti menyanyikan lagu nasional dengan aransemen yang kekinian untuk menarik para milenial.

"Sekarang ini karena tingkat kreativitas makin bagus dengan berbagai fitur-fitur di platform digital akhirnya berbagai konten bisa disajikan dengan menyenangkan dan tak membosankan. Sebabnya konten terkait penyebaran budaya pun dapat dibuat semenarik mungkin sehingga pesan komunikasi dapat tersampaikan," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Andry Hamida, Digital Strategist Hello Monday Morning, Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS, dan Randi Rinaldi, seorang Enterprenur.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…