2 Situs Ini Bisa Membantu Mengecek Berita Hoax yang Makin Meresahkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 25 November 2021 - 15:05 WIB

Ilustrasi Hoax (Kominfo)
Ilustrasi Hoax (Kominfo)

INDUSTRY.co.id - Hoax tau berita bohong mudah meluas di masyarakat karena informasinya besifat sensasional hingga membuat penerimanya merasa perlu untuk menyebarkan kembali informasi tersebut. 

Faktor penting lainnya yang sering terjadi karena informasi hoaks dibagikan oleh orang terdekat atau orang yang dapat dipercaya, sehingga para penerima informasi hoax langsung berasumsi bahwa berita tersebut benar adanya. Survey MASTEL di tahun 2019 pun menyatakan hal serupa, sebanyak 43,5 persen responden mengatakan bahwa berita hoaks diperoleh dari orang yang dapat dipercaya.

“Hoax atau berita bohong dapat berakibat buruk dalam kehidupan bermasyarakat karena bisa memicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan, bahkan kebencian,” ujar Roky R. Tampubolon  seorang Praktisi Hukum dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lanjutnya, kalau dibiarkan terus menerus hoaks bisa menimbulkan kecemasan, mengganggu situasi emosional dan suasana hati yang berkepanjangan. Penyebaran berita hoaks dapat membentuk mental masyarakat ke arah pemahaman hoax, yakni mudah percaya akan berita bohong tanpa melakukan perbandingan ke sumber lain. 

"Apabila hoax dilakukan secara sengaja, pelaku dapat terkena pidana hukum. Perlu bagi kita menjaga diri untuk tidak mudah menyebarkan berita bohong. Kita harus memiliki kemampuan untuk menyaring setiap berita yang kita dan mengidentifikasi hoax," jelasnya.

Hoax sendiri dapat diidentifikasi melalui judul. Kebanyakan hoax mengandung judul-judul provvokatif. Kemudian, cek alamat situs sumber berita, periksakan fakta dan keberimbangan sumvber berita, dan cek keaslian foto dan video.

“Terkait berita bohong atau hoax, kita memiliki sarana digital untuk mengecek fakta. Ada dua situs web terkait pemeriksaan hoax yang bisa dibuka,” ungkapnya.

Kedua situs tersebut ialah turnbackhoax.id dan cek fakta.com. Jadi, kita bisa cek setiap berita yang diterima di dunia digital pada situs tersebut. Ia mengatakan, dengan meningkatkan literasi digital akan ikut menambah kemampuan kita dalam menyaring berita hoaks, terutama di masa pandemi ini. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (23/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Agus Jamiatul Firdaus (General Manager TC Invest), Alda Dina Bangun (Guru SD Cahaya Bangsa Kota Baru Parahyangan), Benny Daniawan (Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma), dan Janna S. Joesoef (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…