2 Situs Ini Bisa Membantu Mengecek Berita Hoax yang Makin Meresahkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 25 November 2021 - 15:05 WIB

Ilustrasi Hoax (Kominfo)
Ilustrasi Hoax (Kominfo)

INDUSTRY.co.id - Hoax tau berita bohong mudah meluas di masyarakat karena informasinya besifat sensasional hingga membuat penerimanya merasa perlu untuk menyebarkan kembali informasi tersebut. 

Faktor penting lainnya yang sering terjadi karena informasi hoaks dibagikan oleh orang terdekat atau orang yang dapat dipercaya, sehingga para penerima informasi hoax langsung berasumsi bahwa berita tersebut benar adanya. Survey MASTEL di tahun 2019 pun menyatakan hal serupa, sebanyak 43,5 persen responden mengatakan bahwa berita hoaks diperoleh dari orang yang dapat dipercaya.

“Hoax atau berita bohong dapat berakibat buruk dalam kehidupan bermasyarakat karena bisa memicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan, bahkan kebencian,” ujar Roky R. Tampubolon  seorang Praktisi Hukum dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lanjutnya, kalau dibiarkan terus menerus hoaks bisa menimbulkan kecemasan, mengganggu situasi emosional dan suasana hati yang berkepanjangan. Penyebaran berita hoaks dapat membentuk mental masyarakat ke arah pemahaman hoax, yakni mudah percaya akan berita bohong tanpa melakukan perbandingan ke sumber lain. 

"Apabila hoax dilakukan secara sengaja, pelaku dapat terkena pidana hukum. Perlu bagi kita menjaga diri untuk tidak mudah menyebarkan berita bohong. Kita harus memiliki kemampuan untuk menyaring setiap berita yang kita dan mengidentifikasi hoax," jelasnya.

Hoax sendiri dapat diidentifikasi melalui judul. Kebanyakan hoax mengandung judul-judul provvokatif. Kemudian, cek alamat situs sumber berita, periksakan fakta dan keberimbangan sumvber berita, dan cek keaslian foto dan video.

“Terkait berita bohong atau hoax, kita memiliki sarana digital untuk mengecek fakta. Ada dua situs web terkait pemeriksaan hoax yang bisa dibuka,” ungkapnya.

Kedua situs tersebut ialah turnbackhoax.id dan cek fakta.com. Jadi, kita bisa cek setiap berita yang diterima di dunia digital pada situs tersebut. Ia mengatakan, dengan meningkatkan literasi digital akan ikut menambah kemampuan kita dalam menyaring berita hoaks, terutama di masa pandemi ini. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (23/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Agus Jamiatul Firdaus (General Manager TC Invest), Alda Dina Bangun (Guru SD Cahaya Bangsa Kota Baru Parahyangan), Benny Daniawan (Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma), dan Janna S. Joesoef (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…