Digitalisasi Mengubah Perilaku Konsumen Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 25 November 2021 - 13:45 WIB

Ilustrasi Digitalisasi (Ist)
Ilustrasi Digitalisasi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi membawa banyak perubahan, dari cara masyarakat berinteraksi, bekerja, belajar hingga berbelanja. Sekarang juga ada konsep hybrid yang mengabungkan antara virtual dengan offline untuk mengimbangi perubahan interaksi yang terjadi.

“Ada trasformasi dari perilaku konsumen kita karena pandemi ini banyak trasformasi digital yang terjadi,” ujar Dee Rahma seorang Digital Marketing Specialist saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Diketahui sebanyak 37 persen orang bahkan telah berpindah ke online dan meskipun pandemi berakhir kemungkinan kebiasaan tersebut bakal berlanjut. Angkanya pun mencapai 97 persen konsumen Indonesia yang beralih ke online pasca pandemi. Konsumen Indonesia akhirnya akan sepenuhnya melek digital dalam menggunakan teknologi untuk berbelanja.

Dengan transformasi besar ke arah digital tersebut, secara industri menurut data World Bank Indonesia diprediksi akan menjadi pusat digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara tahun 2030. Kebutuhan talent yang menguasai digital skills pun akan semakin tinggi. 

Pertumbuhan bisnis diramalkan akan pesat karena keberadaan e-commerce. Semua itu akibat pandemi Covid-19 yang mendorong transformasi digital lebih cepat dan masif ke seluruh Indonesia.

“Ekonomi yang berbasis digital nanti akan tumbuh menjadi USD 133 juta dalam lima tahun ke depan,” kata Dee lagi.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Monica Eveline, Digital Strategist Diana Bakery, Taufik Hidayat, Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf, dan Michiko Utoyo, seorang Mompreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dan Pendeta Ibu Christina Mawen

Senin, 06 Desember 2021 - 03:00 WIB

Pangdam XVII Cenderawasih Papua Terima Kunjungan GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menerima kunjungan kerja dan audiensi dari Pendeta Ibu Christina Mawena, S.Th Jemaat GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani,…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…