Go Collaborative, PLTS Pertamina NRE Dukung PIS Jadi Green Shipping Company

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 November 2021 - 15:04 WIB

PT Pertamina International Shipping (PIS)
PT Pertamina International Shipping (PIS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pertamina NRE mendukung PT Pertamina International Shipping (PIS) mewujudkan aspirasi sebagai green shipping company, salah satunya dengan penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di area operasinya.

Pertamina NRE terus mengawal dengan agresif transisi energi di internal Pertamina. Bekerja sama dengan subholding lain di Pertamina, Pertamina NRE menyediakan PLTS sebagai pengganti sumber listrik berbasis energi fosil yang selama ini digunakan.

Pada September 2021 Pertamina NRE menyediakan PLTS di atap gedung logistik PIS yang berlokasi di Jakarta dan telah melakukan mechanical completion pada 10 Oktober lalu. Ditargetkan PLTS tersebut beroperasi tahun ini dengan kapasitas 127,5 KWp dan sistem on grid.

“Penyediaan PLTS di gedung logistik PT Pertamina International Shipping merupakan bagian dari upaya transisi energi di internal Pertamina,” ungkap Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (24/11/2021).

“Sebagai perusahaan yang berambisi untuk menjadi perusahaan energi global yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, serta memiliki tata kelola yang baik, Pertamina menargetkan penurunan emisi yang dihasilkan dari aktivitas operasional sebesar 30 persen pada tahun 2030,” lanjutnya.

PIS berambisi untuk menjadi green shipping company. Aspirasi ini diwujudkan dalam penggunaan aktivitas operasional yang ramah lingkungan, salah satunya adalah pembangunan Kapal Milik baru dengan konsep eco ship design yang didesain untuk mengurangi emisi gas buang. Penggunaan PLTS di area operasi juga mendukung terwujudnya ambisi tersebut.

Sebagai subholding Integrated Marine Logistics, PIS mengelola pelabuhan-pelabuhan di terminal BBM dan LPG Pertamina. Ke depan kerja sama antara Pertamina NRE dengan PIS juga akan mencakup penyediaan PLTS di Terminal BBM Tanjung Uban, Terminal BBM Pulau Sambu, dan Terminal LPG Tanjung Sekong.

Potensi kapasitas PLTS di ketiga lokasi tersebut mencapai  5 MWp dan battery energy storage system (BESS) sebesar 8 MWh. Konstruksi ditargetkan mulai di penghujung tahun 2021.

Pertamina berkomitmen penuh mendukung dekarbonisasi yang tercermin melalui upaya transisi energi dengan fokus internal Pertamina. Dengan integrasi aspek environmental, social, dan governance (ESG), keberlanjutan menjadi DNA dalam pengelolaan bisnis di Pertamina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dan Pendeta Ibu Christina Mawen

Senin, 06 Desember 2021 - 03:00 WIB

Pangdam XVII Cenderawasih Papua Terima Kunjungan GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A menerima kunjungan kerja dan audiensi dari Pendeta Ibu Christina Mawena, S.Th Jemaat GKI Dispora Asrama Koramil Hawai Sentani,…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…