Go Collaborative, PLTS Pertamina NRE Dukung PIS Jadi Green Shipping Company

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 November 2021 - 15:04 WIB

PT Pertamina International Shipping (PIS)
PT Pertamina International Shipping (PIS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pertamina NRE mendukung PT Pertamina International Shipping (PIS) mewujudkan aspirasi sebagai green shipping company, salah satunya dengan penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di area operasinya.

Pertamina NRE terus mengawal dengan agresif transisi energi di internal Pertamina. Bekerja sama dengan subholding lain di Pertamina, Pertamina NRE menyediakan PLTS sebagai pengganti sumber listrik berbasis energi fosil yang selama ini digunakan.

Pada September 2021 Pertamina NRE menyediakan PLTS di atap gedung logistik PIS yang berlokasi di Jakarta dan telah melakukan mechanical completion pada 10 Oktober lalu. Ditargetkan PLTS tersebut beroperasi tahun ini dengan kapasitas 127,5 KWp dan sistem on grid.

“Penyediaan PLTS di gedung logistik PT Pertamina International Shipping merupakan bagian dari upaya transisi energi di internal Pertamina,” ungkap Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (24/11/2021).

“Sebagai perusahaan yang berambisi untuk menjadi perusahaan energi global yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, serta memiliki tata kelola yang baik, Pertamina menargetkan penurunan emisi yang dihasilkan dari aktivitas operasional sebesar 30 persen pada tahun 2030,” lanjutnya.

PIS berambisi untuk menjadi green shipping company. Aspirasi ini diwujudkan dalam penggunaan aktivitas operasional yang ramah lingkungan, salah satunya adalah pembangunan Kapal Milik baru dengan konsep eco ship design yang didesain untuk mengurangi emisi gas buang. Penggunaan PLTS di area operasi juga mendukung terwujudnya ambisi tersebut.

Sebagai subholding Integrated Marine Logistics, PIS mengelola pelabuhan-pelabuhan di terminal BBM dan LPG Pertamina. Ke depan kerja sama antara Pertamina NRE dengan PIS juga akan mencakup penyediaan PLTS di Terminal BBM Tanjung Uban, Terminal BBM Pulau Sambu, dan Terminal LPG Tanjung Sekong.

Potensi kapasitas PLTS di ketiga lokasi tersebut mencapai  5 MWp dan battery energy storage system (BESS) sebesar 8 MWh. Konstruksi ditargetkan mulai di penghujung tahun 2021.

Pertamina berkomitmen penuh mendukung dekarbonisasi yang tercermin melalui upaya transisi energi dengan fokus internal Pertamina. Dengan integrasi aspek environmental, social, dan governance (ESG), keberlanjutan menjadi DNA dalam pengelolaan bisnis di Pertamina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mengenal Lebih Dekat Sistem Peternakan Ayam McDonald’s Indonesia

Kamis, 19 Mei 2022 - 07:00 WIB

Smoky BBQ Wings Persembahan Terbaru dari McDonald’s Indonesia

McDonald’s Indonesia mengajak masyarakat melihat lebih dekat sistem peternakan ayamnya untuk menunjukan komitmennya dalam memberikan kualitas makanan terbaik bagi keluarga Indonesia, sekaligus…

Korps Marinir Laksanakan Rakornispers Ta 2022

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:30 WIB

Korps Marinir Laksanakan Rakornispers Ta 2022

Asisten Personel Komandan Korps Marinir (Aspers Dankormar) Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko, S.E secara resmi membuka Rakornispers Kormar (Rapat Koordinasi dan Teknis Personil Korps Marinir)…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Kamis, 19 Mei 2022 - 06:00 WIB

KASAD: TNI AD Harus Menjadi Solusi di Tengah Kesulitan Rakyat

Prajurit TNI AD dimanapun berada harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman,…

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:45 WIB

Danrem 174 ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi Pimpin Serah Terima Komandan Kodim 1710/Mimika

Acara serah terima Komandan Kodim 1710/Mimika dari pejabat lama Letkol Infanteri Yoga Cahya Prasetya kepada pejabat baru Letkol Infanteri Dedy Dwi Cahyadi dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Kamis, 19 Mei 2022 - 04:00 WIB

KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

Program TNI AD Manunggal Air terus mendapat perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), terutama di wilayah yang warganya kesulitan mendapatkan air. Itulah mengapa, Jenderal TNI Dudung Abdurachman…