Merespons Perubahan Akibat Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Adaptasi Digital Skills

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 November 2021 - 15:55 WIB

Ilustrasi Digital Skills (Ist)
Ilustrasi Digital Skills (Ist)

INDUSTRY.co.id - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengubah pola hidup, cara bekerja dan hubungan manusia. Pemanfaatan teknologi digital juga mendorong otomasi dan pertukaran data yang cepat, mengubah peran manusia yang dapat digantikan robot.

“Dengan begitu perlu adanya pemahaman untuk peduli dan siap menghadapi sekaligus merespons kecepatan perubahan-perubahan tersebut,” kata Lucy Willar, Founder & COO iCanStudioLive saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Media digital berkembang dengan saluran digital lewat berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube hingga TikTok. Media sosial tersebut merupakan media daring yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh, memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi melalui jaringan internet. Setiap individu akhirnya harus mengenal dan memanfaatkan media digital sebagai sarana melindungi keluarga dari dampak negatif internet.

Dari kondisi tersebut ada risiko dan tantangan yang harus dihadapi orangtua di era digital. Yakni dengan adanya akses internet, wifi gratis dan kuota internet yang murah membuat seseorang bebas berkoneksi tanpa ada aturan. Selain itu, orangtua zaman sekarang dihadapkan pada anak-anak yang merupakan generasi digital native sudah akrab dengan teknologi sejak lahir dan lebih pintar menggunakan teknologi daripada orangtuanya.

"Ancaman terhadap hal negatif yang bisa timbul dari kemudahan akses internet juga menyasar pada kekerasan seksual di dunia maya. Di mana kekerasan berbasis gender online telah difasilitasi teknologi, jejak digital korban yang tersebar di internet pun sulit dihapus. Sehingga setiap orang di era dengan kemajuan teknologi yang pesat ini harus mendapatkan literasi digital yang mumpuni untuk menghadapi semua tantangan tersebut," jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Ema Mukarrahma, seorang Aktivis, Triantono, Dosen Universitas Tidar Magelang, Ninik Rahayu, Tenaga Profesional Lemhamnas RI 2021, dan Janna S. Joesoef, Creative Director Ghea Resort. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…