Hati-Hati! Jejak Digital Bisa Menimbulkan Kerugian Pengguna Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 November 2021 - 17:00 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Sebanyak 202,6 juta penduduk Indonesia telah menggunakan internet, menurut We Are Social Digital 2021: The Lates Insight Into The State of Digital. Pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 15,5% atau 27 juta pengguna dibandingkan Januari 2020, sebelum pandemi.

Berkaitan dengan hal itu akhirnya interaksi sosial di ruang digital akhirnya menjadi keseharian dan setiap orang sudah harus memahami nilai-nilai etikanya. Terlebih saat melakukan berkolaborasi digital, indovidu memerlukan kemampuan berinteraksi sesuai etika yang merupakan human skills dalam berkomunikasi. Berikut hard skills berupa penguasaan terhadap perangkat media digital yang digunakan.

Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist mengatakan, etika merupakan istilah yang berasal dari Yunani kuno, ethicos berarti timbul dari kebiasaan. Sebuah studi filsafat mengenai standar dan penilaian moral, mencakup analisis dan penerapan konsep benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

“Saat berinteraksi digital akan ada rekam jejak digital berupa obrolan chat di What’sApp hingga unggahan di media sosial. Karena itu dalam berinteraksi digital tentu ada tanggung jawabnya. Ini mesti disadari orang Indonesia dengan kondisi bisa disebut sudah melek digital dengan 202,6 juta pengguna internet,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Fakta mengejutkan dari survei Digital Civility Index (DCI) 2020 oleh Microsoft yang dirilis Februari 2021 mengungkap netizen Indonesia sebagai yang paling tidak sopan se-Asia Pasifik. Dari survei tersebut diketahui risiko utama ruang digital Indonesia paling besar diakibatkan penyebaran berita bohong, penipuan, ujaran kebencian, dan diskriminasi.

Terkait dengan hal tersebut, jejak digital yang ditinggalkan seseorang bisa menimbulkan kerugian bagi dirinya. Apalagi kini banyak perusahaan yang merekrut pegawainya dengan mencari dan melihat profil seseorang di Google. Tentunya unggahan negatif seperti pernah menyebarkan berita bohong, unggahan kasar yang diskriminatif akan memengaruhi peluang seseorang untuk dipilih.

“Sebelum interaksi, pahami dulu etika agar para penggunanya bisa menciptakan ruang digital yang sehat dan produktif,” tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Depok, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Reza Hidayat, CEO Oreima Films, Nandya Satyaguna, seorang Medical Doctor, dan Fanny Fabriana, seorang Public Figure. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:09 WIB

Kabar Duka Cita, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta…

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…