Berikut 5 Tips Mencegah Kecanduan Bermain Media Sosial ala Indra Brasco

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 November 2021 - 14:15 WIB

Ilustrasi Bermain Medsos (Ist)
Ilustrasi Bermain Medsos (Ist)

INDUSTRY.co.id - Semenjak pandemi Covid-19 penggunaan teknologi dan jaringan internet kini kian masif. Survei pada Januari 2021 sudah ada 202,6 juta pengguna internet di Indonesia, di mana pengguna aktif media sosial mencapai 61,8  persen, setara dengan 170 juta penduduk dari 274,9 juta jiwa total populasi.

Indonesia tercatat sebagai 10 besar negara yang kecanduan media sosial, dengan rata-rata durasi pemakaian 3 jam untuk bermain media sosial. Adapun rata-rata pemakaian internet per harinya untuk segala aktivitas mulai dari mencari informasi, bekerja, sekolah, hingga hiburan hampir mencapai 9 jam per hari.

Indra Brasco seorang Dadpreneur berbagi saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I,  melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. Dia pun memberikan tips agar tidak kecanduan media sosial, antara lain:

1.Fokus pada orang di sekelilingmu
Fokuskan dirimu terhadap teman atau keluarga ketika sedang menghabiskan waktu bersama.

2.Matikan notifikasinya
Dengan mematikan notifikasi kamu akan lebih fokus mengerjakan tugas atau hal lain yang sedang dikerjakan.

3.Perbanyak sosialisasi di kehidupan nyata
Sebab bersosialisasi di kehidupan nyata jauh lebih manfaat, bertemu langsung dan berinteraksi langsung.

4.Bersihkan daftar friends dan follow
Jangan ragu untuk menghapus dan meng-unfollow teman atau follower yang kalian anggap mengganggu kesehatan mental dan tidak ada manfaatnya. Misalnya akun-akun gosip yang kurang penting atau teman/follower yang sering nyinyir.

5.Sebaliknya lihatlah media sosial sebagai peluang, untuk personal branding, memulai usaha hingga promosi sehingga ketika membuka media sosial semua aktivitas di dalamnya membawa manfaat.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Hesty Maureen, Founder & Principal Paris Dela Mode Fashion School, Mona Ratuliu, Founder ParenThink, dan Michiko Utoyo, seorang Mompreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan menjadi Mitra Global Wimbledon

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:25 WIB

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan Menjadi Mitra Global Wimbledon untuk 4 Tahun Berturut-Turut

OPPO melanjutkan komitmen untuk menginspirasi pengguna globalnya, OPPO merayakan hari jadi Centre Court yang ke-100 dengan meluncurkan kampanye terbarunya bernama Inspiration Ahead. Center Court…

Ilustrasi perumahan MBR

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:54 WIB

Hingga Semester I Tahun 2022, Kementerian PUPR Telah Salurkan FLPP Untuk 99.557 Unit Rumah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap rumah layak huni dan terjangkau melalui bantuan pembiayaan…

Jababeka berikan pelatihan maggot

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:50 WIB

Jababeka Berikan Pelatihan & Perlengkapan Budidaya Maggot BSF Gratis

Guna membantu perekonomian masyarakat di sekitar Kawasan Industri Jababeka-Cikarang, PT Jababeka Tbk berinisiatif memberikan pelatihan lalat BSF secara gratis bagi masyarakat Desa Mekarmukti,…