Mempopulerkan Budaya Kreatif dan Produktif Lewat Jejaring Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 November 2021 - 13:30 WIB

Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)
Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Pertumbuhan pengguna internet dan berbagai platform digital di era transformasi teknologi membuka peluang memunculkan kreatifitas dan produktivitas lewat jejaring internet. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan budaya kreatif dan produktif di ruang digital secara sehat dan positif.

Hesty Maureen, Founder & Principal Paris Dela Mode Fashion School mengatakan perilaku budaya berkomunikasi yang mengedepankan etika masyarakat Indonesia di dunia nyata harus dipertahankan di era digitalisasi saat interaksi berpindah ke ruang digital. Hal ini menjadi tantangan digital ekonomi di Indonesia, termasuk kemampuan cyber security, pembangunan sumber daya manusia, ketersediaan akses yang merata hingga regulasi yang belum menyeimbangkan kemajuan zaman.

Di semping itu harus ada peran serta masyarakat dalam menciptakan budaya kreatif dan produktif, seperti memilah informasi apa yang dikonsumsi agar memberikan manfaat. Kebiasaan tersebut menurutnya bisa dilakukan mulai dari lingkup terkecil keluarga yang dicontohkan para orangtua.

“Budaya kreatif dan produktif lewat konten digital juga dapat dilakukan dengan cara berbagi ilmu,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Yakni denhan menyebarkan semangat positif dan melakukan kolaborasi mempertemukan budaya nyata dengan digital. Konten digital sebenarnya pun merupakan sarana edukasi di berbagai bidang, termasuk untuk menyebarkan keindahan alam Nusantara dan budaya. 

"Salah satunya mengunggah nyanyian dengan keragaman bahasa daerah, kuliner dan hal positif lainnya berupa kekayaan yang dimiliki Indonesia. Hal tersebut jika dilakukan akan mendukung penyebaran budaya Indonesia di ruang digital," jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Indra Brasco, seorang Dadpreneur, Mona Ratuliu, Founder ParenThink, dan Nyimas Indriana, Food & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.

Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat penyerahan hewan kurban di lingkungan Kemenperin

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:15 WIB

Serahkan 25 Ekor Sapi & Dua Kambing, Kemenperin Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK

Seluruh jajaran pejabat dan staf di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjadikan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk meneladani apa yang telah dicontohkan para nabi tentang…

Anita buchari Direktur sponsor dan marketing Gudhype dan Glenn Parengkuan Head of promotion Gudhype dalam Press Conference GUDHYPE PRESENT CHOTHAFEST 2022

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:00 WIB

Digelar di Jakarta Pentagon hingga BTOB Siap Ramaikan Chothafest 2022, Catat Tanggalnya!

Dengan semangat baru, GudHype akan menyapa para penggemar konser di tanah air. Dengan mengusung nama dan visi baru sebelumnya, Gudlive berganti nama menjadi GudHype akan kembali menyapa penggemar…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:41 WIB

Dahsyat! Menjadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Kelima Dunia, ASEAN Eratkan Kerja Sama Strategis dengan Italia

Jakarta-Pemerintah optimis terhadap kondisi dan outlook perekonomian di kawasan ASEAN. Hal tersebut berdasar pada PDB dari 10 negara ASEAN di tahun 2021 yang mencapai USD 3,36 triliun dan menjadikan…

Jelang ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta Kementerian PUPR Benahi Delapan Venue

Kamis, 07 Juli 2022 - 15:32 WIB

Jelang ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta Kementerian PUPR Benahi Delapan Venue

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…