5 Keuntungan Kolaborasi Bagi Pelaku UMKM

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 November 2021 - 11:25 WIB

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)
Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

INDUSTRY.co.id - Perubahan besar telah terjadi di masyarakat dengan adanya jejaring internet, terlebih sejak pandemi berlangsung ada pola baru kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi. Tak hanya sekadar untuk berkomunikasi saja, kini internet digunakan untuk berbagai macam bidang termasuk bisnis para pemilik UMKM.

Mau tidak mau UMKM pun beradaptasi memanfaatkan sumber daya digital seperti berkolaborasi menggunakan marketplace, media sosial, dan sarana platform digital lainnya. Untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan supaya bisnis terus berjalan.

Irma Nawangwulan, Dosen dari International University Liaison Indonesia (IULI) saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, mengungkapkan beberapa keuntungan bagi pelaku UMKM untuk berkolaborasi di era digitalisasi seperti saat ini.

1.Belajar hal baru
Lewat kolaborasi tentunya akan ada hal baru yang bisa dipelajari dari kerja sama yang dilakukan dengan pihak lain sehingga akan menambah bisnis semakin maju.

2.Membangun jaringan
Memperluas pasar yang sebelumnya pernah dijangkau. Bila sebelumnya kesulitan karena berbagai kendala, maka berkolaborasi akan mempermudah tugas-tugas tertentu yang bisa dieksekusi bersama.

3.Meningkatkan reputasi bisnis
Kolaborasi dengan brand atau orang yang sudah memiliki nama baik yang bagus tentu akan mendatangkan reputasi bisnis.

4.Lebih mudah mendengarkan respons konsumen dan pelanggan
Dengan kolaborasi maka memungkinkan banyak suara konsumen maupun pelanggan bisa didengar dan membawa perbaikan.

5.Memberikan perubahan yang positif
Hal positif akan didapat berkat kolaborasi, di mana bisa saling belajar, meningkatkan reputasi, hingga membangun jaringan.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Maria Ivana, Graphic Designer JCO, Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi, Eko Ariesta, CEO Enterpro.id, dan Made Nandhika, Abang None Jakarta Selatan 2019. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…