Melihat Tren Pekerjaan di Era Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 17 November 2021 - 17:00 WIB

Ilustrasi Desain Grafis (Ist)
Ilustrasi Desain Grafis (Ist)

INDUSTRY.co.id - Dunia digital telah menggeser budaya masyarakat, khususnya dalam menjalankan aktivitas harian. Dunia digital memberikan kemudahan dengan hadirnya teknologi dan mengubah kehidupan hanya dalam satu genggaman tangan.

Aprilia Frinanda Setiawan seorang Video Content Creator menjelaskan, pesatnya perkembangan teknologi dan kondisi pandemi Covid-19 memicu peningkatan pengguna digital. Bahkan dengan dukungan internet keduanya menjadi kebutuhan dasar bagi kehidupan saat ini. 

Dari segi komunikasi misalnya, dunia digital menjadi tempat perjumpaan baru dan menghadirkan kolaborasi seperti terlaksananya webinar yang dapat mempertemukan banyak orang dalam satu waktu meski di tempat yang berbeda. Tak hanya itu, transportasi online juga makin eksis dan digemari begitu juga dengan budaya cashless dalam bertransaksi. 

“Namun kemudahan tersebut juga memberikan dampak negatif. Masyarakat menjadi lebih individualis karena kemudahan yang bisa kita rasakan hanya dengan sejangkauan tangan,” ujar Aprilia ketika berbicara sebagai Key Opinion Leader dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lanjutnya, industri 4.0 memang memaksa masyarakat untuk mau tidak mau beradaptasi agar tidak ketinggalan. Teknologi menggeser hampir segala hal ke arah digitalisasi, mulai dari perilaku belanja online, transportasi, pendidikan online, hingga budaya melamar kerja juga berubah dari cara konvensional dengan mengirimkan lembaran data kini bisa dilakukan dengan mudah secara digital.

“Budaya perubahan ke dunia digital pun ikut menggeser tren pekerjaan dan bidang usaha. Di antaranya yang paling banyak dibutuhkan adalah social media specialist, content writer, video creator, desain grafis, data analyst, hingga web designer. Jenis-jenis pekerjaan tersebut saat ini paling banyak dibutuhkan karena adanya digitalisasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, sayangnya, kemudahan yang diberikan oleh adanya digitalisasi juga mempunyai titik lemah keamanannya. Aspek kehidupan yang bergeser ke dunia digital dan pemanfaatan internet membuat informasi data pribadi penggunanya juga ikut terbawa.

Jika tidak punya kecakapan keamanan dalam menggunakan platform digital, data pribadi menjadi titik lemah yang dapat memberikan dampak negatif.

“Karena menggunakan koneksi internet, baik itu jaringan pribadi ataupun jaringan publik, data diri yang kita unggah di internet membuka ancaman keamanan dan celah kejahatan. Sebab rawan sekali pencurian daya dan kejahatan digital lainnya atau cybercrime,” tuturnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Senin (15/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Maria Dina Yuliana (Social Media Specialist di EDP), Septi Fahmi Choirisa (Lecturer and Internship Coordinator at Universitas Multimedia Nusantara), Danis Kirana (Co-Founder Dako Brand & Communication), dan Felly Murwito (Jurnalis & Digital Marketing Konsultan).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…