Pertamina Foundation Dampingi Program Konservasi Tukik di Kebumen

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 November 2021 - 13:46 WIB

Pertamina Foundation Dampingi Program Konservasi Tukik di Kebumen
Pertamina Foundation Dampingi Program Konservasi Tukik di Kebumen

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Isu perubahan iklim yang dipicu oleh meningkatnya gas karbondioksida seperti kita ketahui bersama sangat berdampak besar pada biodiversitas yakni keanekaragaman hayati yang ada di bumi ini. 

PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation sangat concern terhadap segala kegiatan untuk mengupayakan segala macam perlindungan dari dampak yang berasal dari aktivitas manusia. Pertamina Foundation mendukung upaya nyata untuk mempertahankan fungsi lingkungan agar tetap mampu memenuhi kebutuhan manusia dengan meminimalisir dampak negatif.

Pertamina Foundation kembali berkolaborasi dengan BenihBaik dalam menginisiasi program berkelanjutan untuk mendukung kelestarian lingkungan dan mengembangkan support system dengan peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pada lingkungan tersebut. 

Program Konservasi dan Budidaya Tukik dan Program Pemberdayaan Desa & Wanita Terpadu ini diterapkan di Kebumen, khususnya di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen. 

Program CSR ini didukung pendanaan sepenuhnya oleh Pertamina sebesar Rp 245 juta dan diharapkan ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki.

Seremoni peluncuran konservasi tukik diselenggarakan pada Selasa (16/11/2021) di Kantor Dinas Bupati, Jalan Mayjend Soetoyo, Kebumen. H. Arif Sugiyanto, S.H. selaku Bupati Kebumen , Agus Mashud S. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation, dan Andy F Noya, Founder & CEO BenihBaik turut hadir dalam acara tersebut.
 
“Sekarang ini Kabupaten Kebumen memiliki kawasan konservasi hutan mangrove sekitar 2 Ha dan juga kawasan penangkaran tukik. Keberadaan kawasan konservasi ini membuat masyarakat tergerak untuk ikut andil mendukung kelestarian tukik," kata H. Arif Sugiyanto, S.H., Bupati Kebumen.

"Dalam masa pandemi ini, Kabupaten Kebumen mengalami masalah pengangguran terutama yang berasal dari kalangan anak muda. Untuk mengurangi pengangguran kami berinisiatif memberikan pelatihan kepada para anak muda untuk berperan dalam merakit handphone dan solar panel. Kolaborasi yang sekarang ini dilakukan bersama Pertamina Foundation dan Benih Baik ini dapat membuat anak-anak muda di Kabupaten Kebumen bisa terus menghasilkan karya," imbuhnya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari mengatakan program konservasi tukik ini penting untuk dilakukan, mengingat berdampak juga pada kelestarian biodiversity di Kabupaten Kebumen. 

Seperti kita ketahui bersama, Penyu merupakan penyeimbang kelestarian laut dengan mengendalikan ubur-ubur yang merupakan predator anak ikan, memangsa spons laut yang merupakan predator terumbu karang dan penyu dapat mempunyai usia sampai ratusan tahun. 

“Program konservasi tukik yang sedang berjalan berkaitan dengan biodiversity atau keanekaragaman hayati yang harus kita lestarikan. Apabila program konservasi ini  dikembangkan suatu saat ini akan menjadi destinasi wisata lingkungan bagi banyak orang untuk datang dan mempelajari lebih dalam mengenai tukik," jelas Agus 

"Kepedulian yang diberikan Pertamina Foundation tidak bisa terlepas dari kolaborasi dengan Benih Baik dan Pemda Kabupaten Kebumen. Harapan saya adalah semakin banyak kolaborasi yang kita lakukan ke depannya dan saya yakin sekali Pertamina Foundation memiliki opportunity untuk melakukan itu," imbuh Agus.

Program penangkaran tukik perlu dikelola dengan baik.  Peran serta seluruh pihak Kabupaten Kebumen dibutuhkan agar program dapat berkembang dengan maksimal. Andy F. Noya selaku Founder & CEO BenihBaik turut memberikan masukan bagi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi bagi perkembangan program.

“Saat ini eranya adalah era keterbukaan teknologi digital yang semakin mudah diakses. Produk-produk Kebumen ini bisa dipasarkan go internasional bukan lagi nasional. Tinggal konsistensi dari pemerintah daerah dan masyarakatnya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk. Saya berterima kasih kepada Pertamina Foundation karena sudah diajak serta dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya dan bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Andy.

Tidak hanya program konservasi tukik saja yang didukung oleh Pertamina dan Pertamina Foundation dalam kegiatan PFseries. Ibu Robitoh merupakan salah satu pemenang kompetisi PFmuda yang mengangkat isu pentingnya masker transparan yang dapat membantu teman tuna wicara untuk tetap dapat berkomunikasi dalam masa pandemik walau tertutup dengan masker. 

Kemudian Ibu Titin dan kelompok womenpreneur yang berinovasi membuat makanan sate ambal dalam kemasan yang awet dan tahan lama sehingga dapat dijadikan oleh-oleh/buah tangan, serta Ibu Irma Suryati, penggiat teman disabilitas yang menjadi inspirasi dan mentor bagi teman tuna daksa untuk dapat aktif dan produktif menghasilkan produk kesed sampai manca negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…