ASTINDO dan PPHI Apresiasi Peluncuran 20 Paket Pariwisata Buffer Zone KEK Tanjung Lesung

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 13 November 2021 - 18:57 WIB

Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc., Executive Director, PATA Indonesia (kiri)
Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc., Executive Director, PATA Indonesia (kiri)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - President University bekerja sama dengan Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Tanjung Lesung, PATA (Pacific Asia Tourism Association) Indonesia, ASITA (The Association of Indonesia Travel Agents), dan WTD Indonesia (World Tourism Day) menangani kegiatan Akselerasi dan Komersialisasi Kampung Wisata Cikadu, Desa Tanjung Jaya di Kawasan Penyangga (buffer-zone) KEK Tanjung Lesung.

Grand strategi Komersialisasi Kampung Wisata Cikadu dikembangkan Dr. Adhi Setyo Santoso, ST., MBA; Direktur President Research Center, President University. Sedangkan sarana pelaksanaan dipimpin Rendika Nugraha, MBA., yang merupakan Direktur SetSail: Inkubator Bisnis.

Dalam hal ini, President University telah merampungkan pemetaan potensi kampung wisata, dimulai dengan survei lapangan, menemukan permasalahan, kemudian mempelajari teori yang sesuai dengan permasalahan.

Pemetaan tersebut, mengacu pada pendekatan komprehensif (seluruh aspek),  pendekatan integratif (memadukan seluruh pihak terlibat), dan pendekatan realistis (memadukan pertimbangan ideal vs pragmatis), dengan mengambil data primer melalui FGD (Focus Group Discussion) dan In-Depth Interview kepada para pengrajin dan kelompok UMKM terkait.

Adapun langkah-langkah tersebut dilaksanakan President University di 6 kluster kampung, DesaTanjung Jaya antara lain (1) Cikadu; (2) Kepuh; (3) Muncang; (4) Sukamulya; (5) Cipanon, (6) Sumber Jaya, sebagai salah satu dasar untuk pengembangan desa wisata.

Ketua Umum DPP ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) Pauline Suharno mengungkapkan bahwa ASTINDO mendukung Tanjung Lesung yang merupakan salah satu dari 10 KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) dan sekaligus sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Semoga dengan semakin membaiknya kondisi pariwisata sekarang ini dapat membantu para pelaku usaha kecil dan menengah, khususnya di Kampung Wisata Cikadu, di kawasan penyangga (buffer zone) KEK Tanjung Lesung," ungkap Pauline.

Pauline menegaskan bahwa ASTINDO juga siap berkolaborasi dengan seluruh anggotanya di Indonesia untuk mengembangkan sektor kepariwisataan di Provinsi Banten bagian selatan ini dalam berbagai platform.

"Semoga di masa kedepannya, kawasan Tanjung Lesung ini juga dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat lokal dan pemerintahan setempat," pungkas Pauline Suharno

Pada hari ini, Sabtu, tanggal 13 November 2021, Program Komunikasi Informasi & Edukasi (KIE) Kampung Wisata Cikadu, dipimpin oleh Danni Wahyudi Manta, dari Cikadu Edutourism Center sebagai operator penyelenggara, siap menjadi hub Desa Tanjung Jaya, meluncurkan 20 paket wisata baru,  dikembangkan oleh President University, dapat dilihat di website Window of Tanjung Lesung.

Berdasarkan empat aspek 4-A yaitu (1) Attraction (daya tarik); (2) Aksesibilitas; (3) Amenities (fasilitas); (4) Ancillary (kelembagaan); President University di dukung oleh PATA Indonesia, WTD Indonesia dan ASITA, mencoba mengaplikasikannya dalam model produk desain, yaitu 20 paket wisata baru, yang ideal dan kontekstual untuk Kampung Wisata Cikadu.

Ketua Umum PPHI (Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia), H Riyanto Sofyan MBA menyampaikan Apresiasi dan turut Bangga atas Peluncuran 20 Paket Baru Pariwisata, Kampung Wisata Cikadu, Buffer Zone KEK Tanjung Lesung tersebut.

"Langkah yang tepat dengan Momentum Kondisi Pengendalian Pandemi Covid-19 yang baik dan terjaga, langkat Reaktivasi Pariwisata sudah harus dimulai dengan tetap menggunakan Protokol Kesehatan yang Disiplin dan Proporsional, kita bangkit bersama menuju Era New Normal Pariwisata Indonesia," kata H Riyanto Sofyan MBA.

Sebagai informasi, KEK Tanjung Lesung memiliki jarak 180 Km dari Jakarta. Saat ini KEK Tanjung Lesung bisa ditempuh dengan waktu 3 jam via Tol Jakarta-Merak dengan kendaraan mobil.

KEK Tanjung Lesung merupakan salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) prioritas yang ditetapkan Pemerintah untuk dikembangkan, dan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sektor Pariwisata di Indonesia. 

Dengan kedua penetapan tersebut, kawasan KEK Tanjung Lesung direncanakan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Banten bagian selatan. Hub dari KSPN KEK Tanjung Lesung, berada di Kampung wisata Cikadu, Desa Tanjung Jaya.

Langkah President University juga telah mendapat dukungan nyata Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dalam bentuk Matching-Fund untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis dengan pihak Industri.

Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc., Executive Director, PATA Indonesia mengatakan bahwa kerja sama President University dengan Industri, diharapankan dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

"Yaitu  bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi dan keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat Desa Tanjung Jaya secara berkesinambungan, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif, dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan generasi berikutnya," kata  Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…