Tips Menjaga Data Pribadi Agar Tidak Mengalami Cyber Crime

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 13 November 2021 - 16:00 WIB

Ilustrasi Pencurian Data Pribadi (Ist)
Ilustrasi Pencurian Data Pribadi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Era digital adalah kondisi aktivitas masyarakat dalam kehidupan yang telah dipermudah dengan adanya teknologi. Akhirnya aktivitas yang akrab dengan teknologi ini menjadi sebuah momentum, apalagi dengan kondisi pandemi di mana bekerja online di rumah saja orang dapat sangat produktif.

“Saluran digital dipakai untuk keperluan marketing lewat media sosial, marketplace, Google Ads, email hingga What’sApp,” ujar Asyraf Ilmansyah, Data Scientist & Analyst BRI, saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Saluran digital tersebut memudahkan untuk rapat virtual di tengah kondisi pandemi Covid-19. Termasuk dalam hal storage penyimpanan data, serta digunakan di dunia design melalui adobe photoshop dan ilustrator. Dengan memanfaatkan saluran digital ini, peluang menjadi terbuka untuk pengusaha dan pekerja digital. Seperti IT developer, influencer atau KOL, visual designer, digital marketer, seller via digital channel sampai investor saham atau trader. 

Ada begitu banyak lini usaha seperti food & beverage yang dapat memperluas usahanya lewat media sosial. Termasuk bidang peternakan dan kosmetik bisa melakukan branding di media sosial. Serta bidang EO atau event organizer bisa melakukanya lewat memadukan acara offline, Instagram, dan What’sApp meliputi bisnis dekorasi, catering, dan printing. 

"Pemanfaatan saluran digital dengan maksimal juga memiliki risiko, karena itu dia pun mengingatkan agar setiap orang tetap menjaga data pribadi di internet. Caranya yaitu dengan membuat password yang sulit, jangan memberikan informasi data pribadi yang terlalu detail, memperhatikan akses yang diminta oleh aplikasi, hingga setting semua privasi akun media sosial yang digunakan," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Meiskasa, Recruitment Officer Permata Bank, Rusti Setiyarti, Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Bekasi, Lili Akhmad, Wakasek Bidang Kurikulum SMA Negeri 4 Bekasi, dan Yudho Boengkoes, seorang Food Vlogger.   

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.