Peran Komunitas Akademik dalam Pendidikan Era Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 12 November 2021 - 16:00 WIB

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

INDUSTRY.co.id - Hakikatnya, manusia hidup untuk terus belajar supaya tidak menjadi orang yang sombong. Teknologi yang berkembang semakin canggih memaksa manusia untuk terus belajar agar bisa mengimbangi teknologi tersebut dan memanfaatkannya dengan baik. 

Transformasi digital ini membutuhkan pendidikan 5.0 untuk menyelaraskannya. Berkembangnya teknologi menambah kebutuhan masyarakat akan literasi digital. Karena tidak semua masyarakat paham mengenai pentingnya literasi digital itu. Adanya pendidikan 5.0 membuat proses belajar mengajar era digital tidak hanya terfokus di dalam kelas, tetapi juga memanfaatkan media digital. Namun, siswa tetap harus diawasi oleh tenaga pendidik sehingga bisa memilih aspek positif dari kemajuan teknologi.

“Kita perlu amat sangat waspada, tidak bisa ditinggalkan anak atau siswa belajar sendiri. Kita sebagai orang dewasa sering kali tidak tahu apa yang mereka akses di gawai. Sehingga tetap sangat penting pengawasan dari orang dewasa,” tutur Alda Dina Bangun, Guru SD Cahaya Bangsa dalam Webinar Literasi Digital di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Proses belajar mengajar ini mendorong kita untuk mengubah bentuk dan cara belajar di era digital. Kita bisa memanfaatkan berbagai jenis platform digital untuk membuat sesi pembelajaran lebih menarik lagi bagi peserta didik karena lebih interaktif. 

Meski caranya berubah, pendidikan tetap bertujuan untuk mendukung peserta didik agar berkembang sebagai individu dan memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi secara bertanggung jawab.

“Komunitas akademik berperan untuk mempersiapkan murid-murid untuk masa depan global dan digital, tidak hanya cukup di pemikirannya, tetapi juga budi pekerti yang terus menerus harus diingatkan untuk melakukan hal baik,” jelas Alda.

Selain tugas komunitas akademik, transformasi pendidikan di era digital merupakan tugas seluruh masyarakat. Kita memiliki peran untuk tidak meneruskan kabar-kabar bohong.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi.

Webinar wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (10/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Klemens Rahardja (Founder The Entrepreneur Society), Andry Hamida (Head of Creatove Visual Brand Hello Monday Morning), Adri Liberty (Legal BCAinsurance), dan Vivian Wijaya (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah

Senin, 27 Juni 2022 - 17:35 WIB

Kementerian PUPR Tingkatkan Kinerja Dukungan Manajemen Dengan Teknologi Informasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 27 Juni 2022 - 17:15 WIB

Di Jepang, Menperin Agus Jajal Sejumlah Mobil Listrik Besutan Mitsubishi Motors

Melanjutkan agenda lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha dari Negeri Sakura, di antaranya dengan prinsipal…