Kesadaran Sebagai Warga Digital untuk Menerapkan Etika

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 12 November 2021 - 15:30 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Etika di internet yang disebut sebagai netiquette merupakan suatu konvensi atas norma-norma yang digunakan sebagai aturan atau standar dalam proses komunikasi di internet. Etika berinternet tersebut sekaligus menjadi perilaku sosial yang berlaku di media online. 

Inne Nathalia, seorang Public Relation dan Dosen mengatakan, setisp orang perlu beretika di media sosial dan ruang digital karena latar belakang dan lingkungan pengguna media sosial heterogen dan berbeda satu dengan yang lainnya.

“Jangan lupa komunikasi di media sosial didominasi teks saja, sehingga sangat mungkin penafsiran tiap pengguna juga berbeda,” Katanya saat menjadi narasumber di webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sebenarnya hubungan antar pengguna juga tidak berbeda antara online dan offline. Dari masing-masing individu perlu adanya kesadaran bahwa seluruh pengguna merupakan bagian dari warga negara dunia virtual atau digital citizenship. Etika juga dibutuhkan karena akan secara otomatis membuat lingkungan digital menjadi teratur dan membuat nyaman penggunanya. 

Jenis etika di dunia maya pun beragam tak sebatas pada sopan santun dalam menuliskan komentar. Masih ada isu mengenai copyright atau Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), cyberbullying atau perundungan di media sosial, hoax atau berita palsu, peniiuan berbasis online, pencurian identitas, dan masih banyak lagi. 

"Sebelum mengunggah sesuatu sebaiknya tanyakan lagi kepada diri sendiri sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, apakah sudah punya persetujuan dari pihak lain atas materi unggahan, akurasinya, tidak berkaitan dengan SARA, apakah merusak reputasi, apakah melanggar aturan bermedia sosial dan hukum," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Daniel Hermansyah, CEO of Kopi Chuseyo, Aisyiah Ulfah, Guru TK Bina Harapan III Cinere, Taufik Hidayat, Dosen di Universitas Syekh Yusuf, dan Inge Indriani, Founder Bumbukatjangkoe.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:09 WIB

Kabar Duka Cita, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta…

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…