Digitalisasi Jadi Tantangan Generasi Milenial sebagai Pemimpin Masa Depan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 10 November 2021 - 20:15 WIB

Ilustrasi Digitalisasi (Ist)
Ilustrasi Digitalisasi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi generasi milenial saat ini yang mendominasi cakupan penduduk. Dengan karakter sudah akrab dan memiliki pengetahuan mengenai pengunaan teknologi, generasi yang lahir di tahun 1980 hingga 1995 ini juga pandai berinovasi, memiliki kemandirian, dan cenderung menyukai melakukan segala sesuatunya dengan cepat atau instant.

“Pemimpin saat ini sedang memimpin kalangan dengan multigenerasi, ada kelompok milenial yang sudah akrab dengan teknologi dan satunya lagi non milenial,” kata Fiona Damanik, seorang Konseler dan Psikolog dari Universitas Multimedia Nusantara saat webibar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Pemimpin saat ini pun harus mengetahui tipikal generasi milenial yang mendominasi penduduk, namun juga di luar milenial apakah gaya kepemimpinannya sudah cocok dan sesuai. Selain itu telah terjadi perubahan pola kepemimpinan dari zaman ke zaman yang dulunya ada masa tirani, dipimpin raja dan mengalami masa penjajahan, merdeka hingga kini sudah ada di era digital.

Lebih jauh Fiona mengatakan, adanya teknologi membuat pola pikir masyarakat berubah dan bukan lagi kerja keras tapi bekerja pintar untuk mendapatkan hadil. Maka pemimpin di generasi milenial lebih digerakan pada pondasi cita-cita, mimpi dan harapan untuk bisa membawa kehidupan yang lebih nyaman lagi.

Berkaitan dengan itu terdapat tantangan menjadi pemimpin di era digitalisasi ini, seperti perubahan pola kerja dari bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah atau WFH yang harus dilandasi kepercayaan dan dibangun dengan komunikasi yang baik. Selain itu ada tantangan persaingan bisnis antara perusahaan besar dengan start up, dan adanya gap generasi serta kebutuhan akan pengetahuan teknologi bagi pemimpin yang bukan kalangan milenial. 

"Pemimpin yang diperlukan di era digital salah satunya harus memiliki karakter lincah dalam berpikir dan bergerak cepat, Pemimpin jenis ini disebut sebagai agile menurut Studi Pada Kepemimpinan Ridwan Kamil yang dipublikasikn di Jurnal Kepemimpinan. Di mana pemimpin agile harus memiliki karakter digital mindset, aktif dalam mendengarkan, cerdas melihat peluang, inklusif atau mau menerima ide-ide dari beberapa kalangan, berani beda dan pantang menyerah," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Pringgo Aryo, Produser & Komposer Musik, Nikita Dompas, Produser & Music Director, Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma, dan Randi Rinaldi, seorang Enterpreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…