Bijak Bermedia Sosial, Bahaya Oversharing, Rekam Jejak Digital Tak Bisa dihapus

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 10 November 2021 - 19:00 WIB

Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banyak hal bisa terjadi di ruang digital dalam hitungan detik. Faktanya interaksi di ruang digital jauh lebih tinggi daripada interaksi di dunia nyata. Dalam 60 detik saja sebanyak 26 ribu aplikasi telah didownload, ada jutaan email terkirim, 694 ribu unggahan video telah ditonton lewat TikTok, 350 ribu tweet diunggah penggunanya, dan jutaan lagu didengarkan.

“Ruang digital memungkinkan orang dari seluruh penjuru dunia berinteraksi dan berkomunikasi di dalamnya,” ujar Cyntia Jasmine, Founder GIFU saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lewat jaringan internet, unggahan setiap orang dapat langsung dilihat oleh ratusan hingga ribuan orang dan cepat sekali menyebarnya secara realtime. Rasanya seperti tidak ada batas, karena tanpa batas, terkadang individu menjadi oversharing atau kebablasan dalam berbagi.

“Padahal jangan lupa di ruang digital memang tidak ada pengawasnya, beda dengan TV maupun media yang sebelum menayangkan konten harus mengecek terlebih dulu apakah layak untuk ditonton,” jelasnya.

Lebih jauh Cyntia mengatakan di ruang digital, setiap orang harus menyadari dirinya sebagai pengawas diri sendiri karena sebenarnya ada jejak digital yang ditinggalkan ketika berinteraksi di dunia maya. 

"Akibat buruknya jika lupa hal tersebut, maka bisa saja seseorang dipecat dari pekerjaannya. Ada begitu banyak kejadian bahwa jejak digital bisa berdampak serius karena kata-kata dan unggahan foto yang tidak pantas. Di samping itu jejak digital juga tidak bisa dihapus, akan tetap ada di internet," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Webinar kali ini juga mengundang narasumber seperti Henry V Herlambang, CMO Kadobox, Irma Nawangwulan, Dosen di IULI, Asep H Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS, Riri Damayanti, Digital Creator dan Yoga Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah

Senin, 27 Juni 2022 - 17:35 WIB

Kementerian PUPR Tingkatkan Kinerja Dukungan Manajemen Dengan Teknologi Informasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 27 Juni 2022 - 17:15 WIB

Di Jepang, Menperin Agus Jajal Sejumlah Mobil Listrik Besutan Mitsubishi Motors

Melanjutkan agenda lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha dari Negeri Sakura, di antaranya dengan prinsipal…