Keadaan Orangtua Kunci Penting Pola Asuh Anak di Masa Pandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 10 November 2021 - 18:15 WIB

Ilustrasi Pola Asuh Orangtua (Ist)
Ilustrasi Pola Asuh Orangtua (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kestabilan orangtua di sisi emosi, ekonomi, kesehatan dan pengetahuan akan teknologi akan memengaruhi cara pola asuh anak di masa pandemi. Setelahnya, orangtua baru bisa melihat keadaan anak yang harus lebih dicermati.

“Bagaimana pendidikan sekolah online-nya, bagaimana kehidupan sosial anak-anak kita dan bagaimana hiburannya,” kata Pipit Djatma Fundraiser Consultant & Psychososial Actvist IBU Foundation saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima industry.co.id.

Sebab selama pandemi anak-anak dan para orangtua lebih banyak di rumah sehingga rentan akan terkena stres. Kesehatan mental dan fisik termasuk bagian penting dari cara orangtua melindungi anak-anaknya. Apalagi keadaan tiap anak berbeda, ada tipe anak yang ternyata tidak bisa menerima dengan baik keadaan pandemi dan kesulitan dalam sekolah online. Hingga anak remaja yang sulit memahami pelajaran selama kuliah pun bisa saja mengambil cuti agar masalah akan pembelajaran bisa diatasi.

Lebih lanjut dia mengatakan orangtua pun memiliki tantangan selama pandemi dalam pola asuh. Seperti kemudahan anak dalam mengakses internet, padahal terdapat banyak ancaman di dalamnya. 

"Kemudian masih banyak orangtua yang ternyata gagap teknologi, hingga belum mengetahui pengaturan keamanan saat berinternet. Sebab itu orangtua perlu belajar teknologi, jangan sampai anak tidak dibimbing dalam penggunaan internet mengingat ada banyak bahaya yang mengancam di dunia maya," jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Roky R. Tampubolon, seorang Praktisi Hukum, Andry Hamida, Head of Creative Visual Hello Monday Morning, dan Tabitha Purba, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…