Ini Produk Unggulan Dari DAHANA untuk Peledakan Struktur Batuan yang Komplek

Oleh : Hariyanto | Rabu, 10 November 2021 - 09:49 WIB

Ilustrasi Dawagel
Ilustrasi Dawagel

INDUSTRY.co.id - Subang - Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero) mengeluarkan salah satu produk unggulan untuk peledakan pada struktur batuan yang kompleks dengan nama produk DAHANA Water Gel (DAWAGEL). Produk inovasi DAHANA ini juga telah dipercaya oleh  perusahaan tambang batubara dan kuari di tanah air.

Dawagel merupakan bahan peledak curah berbentuk gel yang sangat adaptif terhadap dinding lubang ledak sekalipun berongga ataupun berpori, sehingga mampu meminimalkan decoupling dan pada kondisi reaksi sempurna ikatan gel antar unsur sangat kuat, sehingga akan tetap stabil dalam mempertahankan formasi bentuk kolom ledak di dalam lubang yang artinya tidak melebur kedalam rongga maupun celah seperti yang sering terjadi dengan bahan peledak cair lainnya.

Berawal dari tantangan kondisi batuan di kuari batu kapur milik PT Semen Tonasa - Pangkep, Sulawesi Selatan, dimana struktur batuan yang kompleks, berpori, dan fractury serta kadang dibeberapa tempat terdapat gua-gua (cavity).

Hal ini beberapa kali mengakibatkan proses pemberaian batuan dengan peledakan menjadi tidak optimal, dimana fragmentasi hasil dari peledakan masih ditemukan adanya boulder atau bahkan tidak bisa digali sama sekali oleh excavator karena adanya pelepasan energi yang terkonsentrasi pada zona loose akibat rongga di dinding lubang ledak.

Oleh sebab itu, melalui proses research Tim EMC DAHANA telah berhasil merancang Dawagel sebagai produk yang dapat digunakan pada struktur batuan limestone, dengan density bahan peledak antara 0,7-0,78 gr/cc, komposisi jumlah kandungan Ammonium Nitrate yang lebih kecil sedangkan VOD yang dihasilkan yaitu antara 3.800 m/s – 4.250 m/s pada diameter lubang 4,5 Inch.

Menurut Direktur Operasi DAHANA Bambang Agung, hasil peledakan dengan menggunakan produk Dawagel di kuari PT Semen Tonasa telah membuktikan performance hasil peledakan yang memuaskan. Fragmentasi yang dihasilkan kurang dari 30 cm sebanyak 89,15%, VOD produk hingga mencapai 4.128 m/s. Secara keekonomisan telah berhasil mereduksi komponen biaya peledakan sebesar 5% - 10% dalam 15 kali peledakan selama periode percobaan.

“Produk Dawagel memiliki kelebihan untuk mengganti ANFO dengan density lebih rendah namun memiliki VOD lebih besar diatas ANFO. Jenis bahan peledak ini juga sangat cocok untuk jenis tambang dengan batuan berongga seperti di industri semen,” ungkap Bambang Agung dalqm keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (10/11/2021).

Dalam aplikasinya, Produk Dawagel menggunakan Mobile Manufacturing Truck (MMT) DAHANA, sebuah teknologi DAHANA yang mampu memproduksi bahan peledak secara langsung di lokasi peledakan, sehingga membuat konsumen semakin ekonomis.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya dalam fase awal penetrasi ke pasar tambang produk Dawagel selanjutnya mendapat kepercayaan untuk digunakan pada operasi penambangan batubara, seperti yang saat ini sudah berjalan di PT Pamapersada Nusantara  - Trubaindo Coal Mining, Melak, Kalimantan Timur. Hal ini membuat Direktur Operasi DAHANA berharap agar Dawagel mendapatkan pasar yang lebih luas di sektor pertambangan umum.

“Kami berharap produk ini akan terus banyak digunakan di pasar pertambangan terutama di sektor tambang batubara, sehingga biaya operasional penambangan bisa semakin seimbang dengan fluktuasi harga komoditi yang sangat tidak menentu,” pungkas Bambang Agung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:00 WIB

Ketum IMI Ingatkan Semangat Brotherhood Harus Rekatkan Ikatan Kebangsaan, HUT Ke-3 MBI DKI Jakarta

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengingatkan bagi sebuah organisasi, peringatan hari ulang tahun adalah momen penting, baik sebagai sarana refleksi…

Perluas Ekosistem Perumahan, Bank BTN Diminta Perkuat Sinergi dengan BUMN dan Swasta

Minggu, 23 Januari 2022 - 17:14 WIB

Perluas Ekosistem Perumahan, Erick Thohir Minta Bank BTN Perkuat Sinergi dengan BUMN dan Swasta

Jakarta-Menyambut tahun 2022, PT Bank Tabungan Negara (Persero ) Tbk (BTN) menggelar Rapat Kerja 2022 untuk menetapkan inisiatif, strategi dan target-target perseroan menghadapi tahun 2022.