Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2016 - 16:08 WIB

Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg
Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

INDUSTRY.co.id - Sejumlah petani karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengeluhkan harga getah karet yang anjlok hingga berada pada kisaran Rp 4 ribu perKg. Sebelum nya harga karet mencapai Rp14 ribu hingga Rp15 ribu perKg.

Para petani karet warga Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji berharap pemerintah segera memberikan solusi, karena saat ini petani karet berada dalam kondisi terpuruk.

Dorisman, salah seorang petani karet menuturkan, dulu saat harga getah karet tinggi, umum nya petani karet warga setempat bisa hidup sejahtera.

“Tapi kini hal itu sangat sulit, kendati sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari pun terkadang tak cukup.”tuturnya minggu (2/10).

Anjlok nya harga karet membuat pendapatan mereka yang dulu mencapai Rp3 hingga Rp5 juta sebulan tapi sekarang hanya tersisa Rp300 ribu hingga Rp500 ribu saja per bulan.

Ferdi, petani karet lainya mengeluhkan hal yang sama, menurutnya dengan harga karet Rp4 ribu perKg tidak akan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Bahkan, menurutnya, banyak petani karet akhirnya memilih menjual dan meninggalkan kebun memilih menjadi buruh serabutan untuk penuhi kebutuhan keluarga.

“Harga karet cuma Rp4 ribu praktis penghasilan kami sebulan cuma sekitar Rp 600 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan empat orang di keluarga saya jelas nggak cukup mas kalo untuk kebutuhan keluarga kami,”ujarnya.

Mereka berharap, untuk mengurangi beban ekonomi petani, pemerintah setempat dapat memberikan bantuan langsung seperti beras dan sembako. (Hariyanto)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:58 WIB

Dorong Bisnis Properti, BNI Syariah Gandeng Developer Deltacendana Citapersada

Jakarta - BNI Syariah melakukan perjanjian kerjasama dengan developer properti Tangerang, PT Deltacendana Citapersada. Kerjasama ini terkait dengan penyediaan fasilitas BNI Griya iB Hasanah.…

Perum Jamkrindo berbagi di Bali

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:50 WIB

Safari Ramadan Perum Jamkrindo Digelar di Denpasar

Denpasar– Perum Jamkrindo melaksanakan Safari Ramadan di 10 kota sepanjang bulan Ramadan 1440 H. Pada Kamis, 23 Mei 2019, Safari Ramadan dilaksanakan di Kota Denpasar, Bali dengan kegiatan…

Festival Ramadhan Sinar Mas Land

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:41 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadhan di BSD City

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk., menggelar acara Festival Ramadan 2019 di MTsN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Tangerang, Banten. Festival Ramadhan tahun ini merupakan pelaksanaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…