Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2016 - 16:08 WIB

INDUSTRY.co.id - Sejumlah petani karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengeluhkan harga getah karet yang anjlok hingga berada pada kisaran Rp 4 ribu perKg. Sebelum nya harga karet mencapai Rp14 ribu hingga Rp15 ribu perKg.

Para petani karet warga Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji berharap pemerintah segera memberikan solusi, karena saat ini petani karet berada dalam kondisi terpuruk.

Dorisman, salah seorang petani karet menuturkan, dulu saat harga getah karet tinggi, umum nya petani karet warga setempat bisa hidup sejahtera.

“Tapi kini hal itu sangat sulit, kendati sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari pun terkadang tak cukup.”tuturnya minggu (2/10).

Anjlok nya harga karet membuat pendapatan mereka yang dulu mencapai Rp3 hingga Rp5 juta sebulan tapi sekarang hanya tersisa Rp300 ribu hingga Rp500 ribu saja per bulan.

Ferdi, petani karet lainya mengeluhkan hal yang sama, menurutnya dengan harga karet Rp4 ribu perKg tidak akan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Bahkan, menurutnya, banyak petani karet akhirnya memilih menjual dan meninggalkan kebun memilih menjadi buruh serabutan untuk penuhi kebutuhan keluarga.

“Harga karet cuma Rp4 ribu praktis penghasilan kami sebulan cuma sekitar Rp 600 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan empat orang di keluarga saya jelas nggak cukup mas kalo untuk kebutuhan keluarga kami,”ujarnya.

Mereka berharap, untuk mengurangi beban ekonomi petani, pemerintah setempat dapat memberikan bantuan langsung seperti beras dan sembako. (Hariyanto)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Orang Utan

Senin, 23 Mei 2022 - 11:00 WIB

Program Konservasi Orangutan TPA Turunkan Potensi Konflik Antara Orangutan-Manusia Hingga 98,5%

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International Day for Biological Diversity diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Sebagai negara yang dikaruniai alam subur dan memiliki keanekaragaman…

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia

Senin, 23 Mei 2022 - 10:53 WIB

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia, Ini Syaratnya

Kementerian Kesehatan Arab Saudi membuka kembali kesempatan untuk perawat Indonesia untuk bisa bekerja di Arab Saudi. Tahun ini Binawan dipercaya kembali untuk menjadi mitra kerja MOH dalam…

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senin, 23 Mei 2022 - 10:41 WIB

Komunitas The Famous Club Laksanakan Senam Bersama

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran…

Tarak Mehta, Presiden ABB Motion

Senin, 23 Mei 2022 - 10:30 WIB

ABB Global Survei Ungkap Upaya Percepatan Efisiensi Energi Oleh Industri Global

Industri global menunjukkan intensifikasi percepatan investasi efisiensi energi di lima tahun ke depan dalam rangka mewujudkan target Nol Emisi, menurut sebuat survei terbaru, The Energy Efficiency…

Kota Tokyo, Jepang. (Foto Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 10:15 WIB

Bulan Depan Jepang akan Menggandakan Batas Kedatangan Luar Negeri

Bulan depan Jepang akan menggandakan batas kedatangan luar negeri menjadi 20.000 per hari, kata juru bicara pemerintah pada Jumat (20/5/2022).