7 Kiat Mencegah Kecanduan Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 07 November 2021 - 14:30 WIB

Ilustrasi Menggunakan Medsos (Ist)
Ilustrasi Menggunakan Medsos (Ist)

INDUSTRY.co.id - Berbagai faktor menyebabkan seseorang menjadi kecanduan internet. Dari sisi psikologis ada rasa ingin pengakuan dari orang lain, kondisi sosial ekonomi juga memengaruhi jika orangtua sibuk bekerja dan memberikan gadget kepada anak serta sebab lain.

Dengan rata-rata penggunaan internet orang Indonesia hampir 9 jam per hari dan 3 jam lebih untuk media sosial, memang kemungkinan untuk mengalami kecanduan sangatlah mungkin. Untuk itu setiap orang perlu menyadari aktivitasnya apakah bermanfaat ketika online.

Lina Muryani, Guru SMA Negeri 1 Gunungsindor Bogor, saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, memberikan kiat agar tidak kecanduan internet, antara lain:

1.Miliki hobi yang bermanfaat
Sibuk akan hobi yang bermanfaat bisa mengalihkan kecanduan media sosial dan menjadikan waktu lebih digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat.

2.Lakukan detoks internet secara berkala.
Secara berkala setiap orang bisa melakukan yang disebut detoks internet. Yaitu sejenak tidak melakukan aktivitas di media sosial bisa mengalihkan kecanduan.

3.Perbanyak interaksi langsung dengan orang-orang di sekitar. Cara ini akan memberikan dampak pembiasaan diri untuk sibuk pada inteaksi langsung dengan orang yang ada di sekitar, bukan di layar gadget,

4.Banyak membaca literatur mengenai dampak megatif penggunaan internet berlebihan. Membuat sadar bahayanya akan memberikan seseorang keinginan untuk berubah lebih baik dan menghindarinya.

5.Cari waktu berkualitas bersama keluarga. Salah satu cara yang mudah, menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga hingga melupakan keasyikan aktivitas online.

6.Kurangi waktu online sedikit demi sedikit. Setiap orang bisa secara berangsur-angsur mengubah kebiasaan, kurangi durasi aktivitas online dari semula 7 jam per hari menjadi 6-5 jam kemudian semakin lebih berkurang lagi.

7.Atur kembali prioritas online mu. Tidak ada yang salah dengan berinternet apabila memang kegiatan yang dilakukan bermanfaat. Namun jika tidak produktif dan justru mengganggu prioritas tentu harus Anda atur kembali prioritas.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Sugiarti Instruktur VCT Jawa Barat, Arief Setiawan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cibinong, Eddy P. Purnomo Digital Business Project Manager OCBC NISP, dan Ayu Imada Blogger & Content Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…