Ancaman Hoax dan Nilai Kesopanan Digital Netizen Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 07 November 2021 - 10:45 WIB

Ilustrasi Hoax (Ist)
Ilustrasi Hoax (Ist)

INDUSTRY.co.id - Konten berita palsu atau hoax di Indonesia semakin mengkhawatirkan, sejak meningkatnya aktivitas online masyarakat. Diketahui Indonesia menempati urutan pertama dengan volume konten terbanyak yang diminta untuk dihapus dari semua produk Google, baik YouTube, Google Search hingga Blogger menurut laporan Google bertajuk “Content Removal Transparancy Report” Januari-Juli tahun 2021.

Menilik kondisi kesopanan digital netizen Indonesia bahkan laporan Survei Microsoft mengenai Digital Civility Index (DCI) 2020 menempatkan Indonesia berada di urutan terakhir dari “Kesopanan di dunia digital” di Asia Tenggara. Dari survei menyebut beberapa hal yang mengidentifikasi menjadi ancaman media sosial di Indonesia yaitu 47 persen terkait hoaks dan penipuan, 27 persen ujaran kebencian, dan 13 persen untuk diskriminasi.

Irma Nawangwulan seorang Dosen di IULI mengemukakan porsi besar hoaks dan penipuan di ranah daring harus menjadi perhatian. Apalagi mengingat bahaya hoax yang bisa menjadi alat untuk membunuh karakter seseorang, memecah belah masyarakat, dan dapat menimbulkan kecemasan.

“Hoax berkembang di Indonesia karena kemampuan literasi masyarakat yang rendah dalam membaca dan mencerna informasi, serta tidak kritis menelaah berita,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sebagai bagian dari etika di ruang digital untuk sopan dan beradab, hoax bisa dicegah dengan cara memilah informasi yang diterima.

Kemudian bijak dalam menyebarkan informasi, jangan asal dalam membagikan namun saring dulu apakah hal tersebut benar. Sebagai warga digital yang baik, kontribusi membuat konten yang produktif dan positif juga membuat ekosistem digital jadi lebih sehat ketimbang hanya berkomentar.

“Sering-seringlah bertanya dulu kepada diri sendiri sebelum mengunggah apakah isinya positif, benar, dan perlu,” tutur Irma

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bogor,  Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Henry V Herlambang, CMO Kadobox, Andry Hamida, Head of Visual Brand Hello Monday Morning, Rino dari Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma, dan Manda Utoyo, seorang Mompreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…