Kelebihan Digital Marketing dibandingkan Pemasaran Offline di Era Serba Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 07 November 2021 - 10:30 WIB

Ilustrasi Digital Marketing (Ist)
Ilustrasi Digital Marketing (Ist)

INDUSTRY.co.id - Digitalisasi tak bisa dihindari lagi. Perubahan dari cara tradisional menjadi online sejak pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat mau beradaptasi. Belajar hal baru mengenai teknologi yang kini dipergunakan untuk menangkap peluang.

“Akhirnya kita memiliki banyak saluran komunikasi, tak terbatas pada media konvensional. Digital marketing semakin gencar lewat media digital termasuk media sosial yang lebih spesifik target marketnya,” kata Dee Ferdinand, B2B Digital Strategy Coach saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia pun mengatakan salah satu digital skills penting untuk dikuasai saat ini yaitu digital marketing yang merupakan aktivitas pengenalan konsep sebuah produk atau layanan dari bisnis dengan media digital terhadap target marketnya. Adapun target utama dari digital marketing membangun kepercayaan yang mengubah persepsi orang untuk menjadi prospek dari sebuah produk atau layanan jasa.

Menurutnya terdapat tiga tantangan besar di pemasaran secara tradisional atau offline. Seperti jangkauan pasarnya terbatas, biaya marketing relatif tinggi, sulit diukur efektifitasnya dan respons dari target marketnya. Sementara jika melakukan pemasaran secara online, jangkauan pasar cenderung bisa ditargetkan sesuai budget, investasi marketing relatif rendah dan hasil pemasaran dapat terukur.

Selain itu dia mengungkap aktivitas yang bisa mendatangkan pembelian di bisnis, yakni melihat prospek dulu yang kemudian juga akan tergantung dengan jumlah pengunjung. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan tinggi pula prospek orang yang akan melakukan pembelian hasil dari digital marketing. 

Proses tersebut dimulai dari brand awareness terlebih dulu akan produk yang bisa mendatangkan solusi, selanjutnya calon costumer mulai mengetahui manfaat produk dan sadar bahwa produk akan mengatasi masalahnya hingga terjadilah transaksi pembelian produk atau layanan. 

"Mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi tentunya sekarang ini dilakukan melalui usaha digital marketing lewat media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube, hingga TikTok," jelasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Aisyiah Ulfah, Guru TK Bina Harapan, Mardiana R.L, Vice Principal in Kinderhouse Pre-School, dan Manda Utoyo, seorang Digital Creator.
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang berfoto dengan President & CEO Takasago International Corporation Satoshi Masumura

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:02 WIB

Tarik Minat Investor Jepang, Menperin Agus Tawarkan Fasilitas Insentif Fiskal

Dalam lawatanya ke Jepang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan jajaran direksi¬†Takasago International Corporation. Hal itu bertujuan untuk memperkuat…