Yuk! Mulai Berbudaya Produktif di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 03 November 2021 - 19:45 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Budaya berasal dari bahasa Sanskerta yang merupakan bentuk jamak dari budi dan akal. Kebudayaan bukan hanya merupakan tarian atau kesenian, tetapi dimulai dari gagasan yang berubah menjadi tindakan, kemudian menghasilkan sesuatu di kehidupan manusia.

Kebudayaan ini bisa diperoleh dari belajar. Oleh karena itu, ketika kita ingin menjadi seseorang yang produktif dan kreatif, kita perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Kebudayaan ini merupakan sebuah kebiasaan yang memiliki sifat dinamis dan adaptif. Artinya kebudayaan akan selalu mengalami perubahan.

“Salah satu faktor yang paling berpengaruh dari kebudayaan ini adalah perkembangan teknologi,” ungkap Maria Natasya P, Internal Communication Strategic Planner CIMB Niaga dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Perubahan itu sifatnya mutlak, dan kita harus bersahabat serta berdapatasi pada setiap perubahan yang terjadi di kehidupan kita. Misalnya di masa pandemi ini ada perubahan cara belajar dan berkegiatan.

“Semua orang bisa memiliki budaya kreatif dan produktif. Sekarang ini kita disadarkan bahwa dunia tidak seluas yang dibayangkan karena dunia sudah ada di tangan kita atau dalam genggaman. Sehingga dimudahkan banget hidupnya tanpa batasan usia, hambatan biaya, pengaruh ruang dan waktu, alasan, dan tanpa berhenti,” jelasnya.

Untuk itu, kita harus membudayakan untuk melatih pola pikir kita di era ini. Dalam menciptakan budaya produktif ini, kita harus bisa menciptakan makna dan manfaat, sehingga memiliki nilai tambah bagi diri sendiri. Kemudian, nantinya akan menghasilkan uang, waktu, dan kebebasan bagi diri kita sendiri. Seseorang yang produktif mampu memanfaatkan waktunya secara efisien sesuai dengan proritas yang disusun.

Menurut Maria, kita bisa menerapkan budaya produktif ini dengan mengenali diri sendiri, lakukan hal apapun yang kita senangi. Lakukan hal tersebut mulai dari sekarang di tempat kita berada saat ini. 

"Kita bisa menjadi orang yang berfokus pada solusi dari sebuah masalah. Hal ini akan membuat kita lebih produktif. Kita bisa memulai kebiasaan baru, seperti makan sehat, tidur cukup, membaca buku, meditasi, bersedekah, dan mempelajari hal-hal baru," pungkasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Bekasi Jawa Barat, Selasa (2/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Ira Pelitawati (Relawan TIK Jawa Barat), Reza Hidayat (CEO OREIMA FILMS), Benny Daniawan (Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma), dan Randi Rinaldi sebagai key opinion leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wartawan Senior Eddie Karsito dan Tio Pakusadewo

Senin, 27 Juni 2022 - 13:10 WIB

Wartawan Senior Eddie Karsito Jadi Preman Gagu di Film Bunga Semerah Darah Karya Penyair Besar WS Rendra

Setelah banyak menolak karena alasan industri film kurang kondusif, Eddie Karsito akhirnya menerima peran untuk film ‘Bunga Semerah Darah’. Sebuah film yang ceritanya diadaptasi dari nukilan…

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…