HIPMI: Program #PasarLautIndonesia Bakal Bikin UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan Bangkit 

Oleh : Candra Mata | Senin, 01 November 2021 - 19:26 WIB

Robert Muda Hartawan HIPMI
Robert Muda Hartawan HIPMI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pandemi Covid-19 berdampak besar pada masyarakat kecil khususnya UMKM sehingga harus berjuang untuk bertahan dan menata ekonomi keluarga dengan inovasi-inovasi.

Tidak terkecuali nelayan, pembudidaya, dan UMKM pengolahan dan pemasaran sektor kelautan dan perikanan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memfasilitasinya melalui program #PasarLautIndonesia dengan beragam program yang ditujukan untuk membangkitkan kembali semangat usaha UMKM sebagai wujud keberpihakan KKP kepada masyarakat ekonomi kecil.

Pendampingan dan pelatihan UMKM sektor perikanan dan kelautan agar bisa eksis di pasar online. Membuka akses pasar serta, fasilitasi permodalan menjadi bagian dari program #PasarLautIndonesia.

Selain membantu perekonomian, ini menjadi wujud kebanggaan kita terhadap produk-produk unggulan Indonesia.

Ketua Bidang Kemaritiman, Kehutanan dan Lingkungan Hidup Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Robert Muda Hartawan menyatakan bahwa salah satu sektor yang sangat terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 adalah UMKM sektor kelautan dan perikanan, sehingga harus ada strategi khusus untuk membangkitkan UMKM sektor kelautan dan perikanan dengan adanya program-program Pemerintah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan UMKM agar dapat mengakses pasar online dalam menawarkan produk-produknya.

“Peluncuran program #PasarLautIndonesia merupakan upaya mengenalkan produk-produk UMKM sektor kelautan dan perikanan, seperti produk pangan, kecantikan, dan kerajinan tangan dan melakukan pendampingan dan pelatihan UMKM agar dapat mengakses pasar online dalam menawarkan produk-produknya," ujar Robert kepada redaksi INDUSTRY.co.id, Senin malam (01/11/2021).

Menurutnya, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah meluncurkan galeri #PasarLautIndonesia.

Program ini berada dibawah Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP).

Pengembangan galeri ini merupakan bagian dari dukungan KKP pada gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Dengan program ini juga nelayan hingga UMKM sektor kelautan dan perikanan turunannya diberikan akses modal untuk meningkatkan produktivitas yang terkena dampak akibat adanya Pandemi Covid-19 dan tentunya HIPMI selalu mendorong dan mendukung program pemerintah khususnya #PasarLautIndonesia dengan memberikan pemahaman kepada anggota-anggota HIPMI di daerah untuk dapat membantu mensosialosasikan program ini,” ungkap Robert.

Dengan potensi Indonesia di dunia perikanan yang sangat besar, sehingga telah tercatat 1.355 usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari berbagai daerah telah bergabung dalam program Pasar Laut Indonesia yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini, yang dimana 1.355 UMKM terdiri dari 495 UMKM Unggulan, 200 UMKM Bagus dan 655 UMKM Binaan dengan jumlah produk sebanyak 2.299 jenis.

"Indonesia merupakan salah satu negara negara maritim terbesar di dunia, potensinya sangat besar, tinggal bagaimana kita semua mampu menciptakan iklim dalam usaha sektor kelautan dan perikanan ini terutama yang dilakukan oleh UMKM dan mendapatkan akses pasar online di Indonesia lewat platfom teknologi yang ada di Indonesia," tutup Robert.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…