Simak! Ini Tips Keamanan Website agar Tidak Mudah Diretas

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 November 2021 - 18:16 WIB

Ilustrasi Hacker
Ilustrasi Hacker

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peretasan website menjadi hal yang sering terjadi belakangan ini. Tidak hanya menyerang situs situs kecil, bahkan e-commerce besar sekelas Tokopedia saja pernah mengalami tindak peretasan semacam ini. Ini memberitahukan kepada pemilik website agar selalu memperhatikan keamanan website nya.

Hal ini karena peretasan website sendiri memiliki dampak negatif yang sangat mempengaruhi bisnis dari website tersebut. Berikut selengkapnya!

Dampak Negatif Peretasan Keamanan Website
Beberapa dampak negatif berikut ini akan kamu rasakan ketika kamu lengah dalam memperhatikan keamanan website milik kamu. Simak pembahasan berikut ini!

1. Reputasi Menurun Drastis
Hal pertama yang langsung kamu rasakan ketika keamanan website kamu berhasil diretas adalah reputasi akan langsung menurun drastis. Hal ini diperparah ketika beberapa media mulai menyoroti website milik kamu yang merupakan korban peretasan. Website mu ini akan memiliki citra yang buruk di masyarakat.

2. Sulit Menarik Pelanggan Baru
Masih berhubungan dengan dampak negatif yang pertama, dampak lain yang juga kamu rasakan adalah sulitnya mencari pelanggan baru. Ketika orang-orang mengetahui bahwa keamanan website mu berhasil diretas, mereka akan ragu untuk menggunakan website milikmu. Mereka takut akan terjadi peretasan semacam itu lagi ketika mereka menjadi pelangganmu.

3. Jumlah Penjualan Menurun 
Ketika kamu kesulitan dalam menarik pelanggan baru, hal lain yang sudah pasti akan kamu alami adalah jumlah penjualan yang akan terus menurun. Ini karena orang-orang mulai ragu untuk menggunakan website milik kamu sehingga mereka beralih ke kompetitor. Dengan begitu, penjualan bisnis milik kamu tentu akan terus menurun.

Tips Meningkatkan Keamanan Website Dari Peretasan
Setelah mengetahui berbagai macam dampak negatifnya, tentunya kamu semakin penasaran dan tertarik untuk mengetahui bagaimana tips untuk meningkatkan keamanan website milik kamu. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan pada website milikmu. Simak selengkapnya!

1. Memeriksa dan Mengupdate Kata Sandi
Salah satu celah yang biasanya dimanfaatkan oleh para hacker untuk meretas keamanan website milikmu adalah melalui kata sandi yang tidak pernah diupdate. Ketika kata sandi tidak pernah diganti, hacker dapat menebaknya dengan mudah melalui beberapa percobaan. 
Itulah kenapa sangat penting untuk melakukan penggantian kata sandi secara berkala. Dengan melakukan penggantian kata sandi secara berkala, bisa dipastikan hacker akan kesulitan dalam menebak kata sandi apa yang kamu gunakan untuk mengakses website milikmu itu.

2. Menggunakan HTTPS
HTTPS merupakan sebuah protokol ketika kamu mengirimkan suatu data melalui internet. Dengan adanya HTTPS ini, data yang dikirim bisa dipastikan tidak dapat diubah maupun dilihat oleh orang lain. Dengan begitu, keamanan website akan meningkat dan kamu bisa mengirimkan data di website milikmu secara aman tanpa takut adanya tindak peretasan.

3. Beralih Menggunakan VPS Hosting
VPS Hosting merupakan singkatan dari Virtual Private Hosting. Sesuai dengan namanya, VPS Hosting menawarkan layanan hosting yang benar benar private dan bisa kamu gunakan sendirian tanpa harus berbagi dengan pengguna lainnya. Sebuah hosting yang benar-benar terisolasi dari pengguna lain ini tentu akan sangat membantumu dalam meningkatkan keamanan website milikmu!

Itulah Tips Keamanan Website Agar Tidak Mudah Diretas 
Bagi kamu yang ingin beralih menggunakan VPS Hosting, kamu bisa menggunakan VPS Indonesia terbaik dari Niagahoster. Kamu bisa membeli maupun mengupgrade layanan hosting milik kamu menjadi VPS Hosting. Untuk itu, segeralah beralih ke VPS Hosting agar kamu bisa mengamankan website milikmu dari tindak peretasan!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…