4 Cara Mencegah Penyebaran Berita Hoax

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 01 November 2021 - 15:40 WIB

Ilustrasi Hoax (Kominfo)
Ilustrasi Hoax (Kominfo)

INDUSTRY.co.id - Sejak kehadiran internet dan media sosial, banjir informasi terjadi dan mengacaukan fakta asli. Masyarakat harus harus kritis dengan informasi yang beredar. Karena saat ini berbagai platform media dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk menyebarkan hoax.

Riri Damayanti, seorang Content Creator dan Yoga Enthusiast mengatakan, hoax atau berita bohong merupakan informasi yang sesungguhnya tidak benar namun dibuat seolah-olah benar, tujuannya untuk membuat masyarakat tidak aman, nyaman, resah dan kebingungan. Hoax memiliki banyak jenisnya misalnya satire atau parodi yang awalnya dibuat tidak untuk merugikan namun ternyata berpotensi mengelabui.

“Selain itu ada konten yang menyesatkan atau misleading content dengan memanfaatkan informasi asli namun sebenarnya tidak ada hubungan dengan informasi aslinya,” katanya saat saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia pun memberikan tips cara untuk mencegah penyebaran hoax, antara lain:

1.Hati-hati dengan judul provokatif
Judul yang seketika melecut emosi biasanya merupakan ciri hoax dan harus dihindari, karena itu wajib untuk membacanya dengan lebih teliti.

2.Cermati alamat situs
Biasanya penyebar berita hoax mengatasnamakan sebuah situs berita, namun bila dilihat alamat URL nya bisa jadi ternyata blogspot atau sebuah tampilan laman yang berbeda dari portal berita.

3.Cek keaslian foto
Hoaks biasanya menggunakan foto atau video lama yang diedit kembali, karena itu Anda bisa mengecek keaslian foto agar bisa mengetahui kebenarnannya.

4.Ikut serta diskusi anti hoax
Aktif dengan ikut diskusi anti hoaks akan menambah pengetahuan dan mendapat informasi terbaru yang akan bermanfaat.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Ana Agustin, Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm, Atib Taufik, Ketua MGMP Kota Depok, Rani J. Syarief, Wakasek Bidang Kurikulum SMK Al-Basyariah, dan Trian Fitriani, dari Edukasi4ID. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…