Cara Orangtua Memastikan Keamanan Internet Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 01 November 2021 - 15:20 WIB

Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)
Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)

INDUSTRY.co.id - Indonesia menjadi negara dengan kasus cyber bullying terbesar nomor 1 di dunia. Berdasarkan penelitian Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII) 49 persen dari 5.900 responden mengalami perundungan di internet. Selebihnya 47,2 persen belum pernah mengalami perundungan dan 3,8 persen tidak menjawab.

“Dari riset Google ditemukan juga bahwa 50 persen lebih orangtua khawatir dengan aktivitas anaknya di internet,” kata Mardiana R.L Vice Principal Kinderhouse Pre-School saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat 1, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Ada tiga hal yang dikhawatirkan orangtua, antara lain mengenai keamanan informasi anak, lalu interaksi anak di dunia maya, serta konten yang dikonsumsi anak. Karena itu penting bagi orangtua untuk memberikan aturan digital pada anak. 

Pertama dengan aturan screen time sesuai dengan usia anak, nol hingga 2 tahun sama sekali belum boleh memegang gadget. Usia 2-3 tahun hanya diperbolehkan 30 menit dalam sehari, kemudian usia 3-5 tahun dibatasi hanya satu jam sehari dengan jeda, dan usia lebih dari 5 tahun maksimal 2 jam sehari dengan jeda.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan kasus cyber bullying Indonesia yang nemenpati nomor 1 di dunia, tentunya orangtua perlu menginformasikan mengenai keamanan internet kepada anak. 

"Dengan memberitahu situs mana saja yang boleh dikunjungi, untuk tidak memberitahu informasi pribadi sebelum izin orangtua, jangan membagikan kata sandi, dan jangan pernah bertemu dengan teman yang belum dikenal melalui internet tanpa sepengetahuan orangtua," jelasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat 1, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Sandy Natalia, Co-Founder of Beauty Cabin, Goretti Meiliani, Project & Planning Section Head Binus Group, Dessy Natalia, Asst Lecturer & Industrial Placement UBM dan Tabitha Purba, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…