Menjadi Digital Creator di Era Sosial Media

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 31 Oktober 2021 - 15:15 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pengguna internet meningkat signifikan selama pandemi Covid-19. Di Januari 2021 jumlah penggunany mencapai 202,6 juta dan sebanyak 170 juta telah aktif di media sosial. Kini media sosial juga bukan sekadar tempat menulis status atau mengunggah moment. Lebih dari itu, media sosial telah memiliki fungsi sebagai sarana untuk digital marketing.

Vivian Wijaya, seorang Enterpreneur & Beauty Enthusiast mengungkapkan saat terjun menjadi digital creator semua orang memulainya dari nol. Tidak serta merta langsung memiliki ribuan pengikut dan mendapatkan tanda suka yang banyak. Digital creator sendiri merupakan profesi modern di era internet yang pekerjaannya membuat konten, baik tulisan, foto, video, suara, dan diunggah secara luas.

“Ada kemauan, ada ide baru kemudian jadi konten,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dalam membuat konten, menurutnya para pemula bisa belajar dan mendapatkan inspirasi dari para digital creator yang sudah memiliki centang biru. Biasanya mereka yang sudah berpengalaman bisa jadi contoh cara personal branding, sebagai citra diri penting yang membangun persepsi di mata publik. Biasanya dari unggahan seseorang, audiens bisa membaca aktivitas dan konten yang dibuat sebagai cerminan dirinya.

“Untuk berkarir di media sosial, personal branding juga harus benar-benar dibangun,” katanya lagi.

Selanjutnya, dia mengatakan kunci untuk menjadi digital creator yang berhasil adalah kerja keras dan konsisten dalam membuat konten. Media sosial menjadi peluang bisnis misalnya dengan endorse dan menambah jejaring atau relasi. "Bukan hanya itu, media sosial juga bisa menjadi tempat untuk menyebarkan informasi dan penggalangan donasi karena ternyata berbagi hal baik sangat efektif sekali di media sosial," jelasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Pringgo Aryo, seorang Komposer Musik, Idayanti Sudiro, Certified Life & Wellness Coach, Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI, dan Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…