Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Jastip

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 31 Oktober 2021 - 14:55 WIB

Ilustrasi Belanja Online (Ist)
Ilustrasi Belanja Online (Ist)

INDUSTRY.co.id - Indonesia merupakan pemakai internet terbesar ke-4 di dunia, dengan 202,6 juta pengguna dan 170 juta orang yang telah aktif di media sosial. Bisa dibayangkan potensi besar dari media sosial jika digunakan untuk sarana berbisnis lewat digital marketing.

Seperti yang dilakukan Michiko Utoyo ketika memulai bisnis jasa titip yang saat ini populer disebut jastip. Dia menggunakan berbagai platform seperi What’sApp, Facebook hingga Instagram untuk berkomunikasi dengan pembelinya. Semua itu berawal sejak kuliah dan bekerja di Singapura, begitu pulang ke Indonesia dia selalu mendapat pesanan titipan makanan atau barang dari koleganya.

“Waktu itu yang terpikir gimana nambah uang jajan. Aku melihat celah, ajang titip beli menjadi sesuatu yang produktif menghasilkan,” sebut Michiko saat webinar Literasi Digital wilayah Jabar I Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Saat itu menurutnya belum ada istilah jastip, dia hanya disebut sebagai personal shopper. Begitu dia sudah menetap di Indonesia jastip tersebut tetap berjalan karena kegemarannya traveling ke berbagai tempat. Lewat jastip tersebut dia pun menambah jaringan pertemanan dan tentu saja uang tambahan.

Nah, untuk menjalankan bisnisnya, Michiko biasanya membuat pengumuman di Instagram yang menghubungkan link What’sApp untuk melakukan pemesanan atau PO. Memulai di tahun 2003, ketika itu platform yang tersedia barulah BBM, dan kini dia lebih banyak berbagi infor lewat grup What’sApp.

Menurut Michiko, dalam menjalankan jastip tersebut sosial network akhirnya menjadi aset. Karena itu, dia pun terus menjalin hubungan baik dengan klien, bukan sekadar sebagai penjual dan pembeli saja.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Maria Ivana, seorang Graphic Designer, Monica Eveline, Digital Strategic Diana Bakery, Elvira Fitri, Manager External Student Affairs di Universitas Multimedia Nusantara, dan Eko Ariesta, Founder & CEO Enterpro.id. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…