Dampak Jejak Digital di Internet Bagi Reputasi Pengguna

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 31 Oktober 2021 - 12:10 WIB

Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kemampuan literasi digital tak hanya tentang penggunaan perangkat digital, namun mencakul kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, dan meningkatkan tingkat keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu sebagai pengguna internet tiap individu pasti juga meninggalkan jejak digital, semua informasi yang dibagikan di internet dapat memengaruhi reputasi seseorang. 

“Apalagi saat ini, mulai dari bangun tidur setiap orang terus terkoneksi dengan dunia internet. Tanpa disadari biasanya aktivitas kita di online seperti melalukan chat, melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain, dan internet yang digunakan untuk mengakses musik menjadi jejak digital,” kata Dasep P Hidayatullah, Instruktur Edukasi4ID saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Lebih lanjut dia mengatakan, kita menilai internet merupakan sebuah dunia tanpa aturan. Sementara aktivitas di internet akan berdampak juga di dunia nyata dan meninggalkan jejak digital. Jejak digital sendiri ada yang aktif dan pasif, untuk jejak digital pasif biasanya ditinggalkan tanpa disengaja oleh pengguna internet ketika berselancar di dunia maya misalnya saat mengunjungi situs tertentu.

“Jejak digital aktif merupakan informasi yang diunggah secara sengaja oleh seseorang di dunia maya. Misalnya berupa unggahan di blog, komentar status teman di media sosial, dan website,” pungkasnya.

Jejak digital menurutnya memiliki dua sisi yang bisa disalahgunakan misalnya mempublikasikan informasi pribadi yang mengarah kepada penindasan, menerbitkan informasi yang merusak reputasi seperti kehilangan pekerjaan. Selanjutnya jejak digital yang dimanfaatkan, misalnya oleh pihak kepolisian jika ada pelaporan tertentu. Sehingga menurutnya sangat penting untuk setiap orang membuat jejak digital positif, misalnya berupa catatan karya atau prestasi dari berbagai platform digital yang ada.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Ridho Wibowo, Instruktur VCT Jawa Barat, Suaefi Latief, Waka Bidang Kurikulum SMAN 1 Jasinga, Henry V Herlambang, CMO Kadobox, dan Made Nandhika, Abang None Jakarta Selatan 2019. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…

Peresmian Gedung Baru Bank BTN KCS Banda Aceh, Rabu (29/6).

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:42 WIB

Atasi Backlog dan Penuhi Kebutuhan Hunian Milenial, BTN Ekspansi ke Aceh

Banda Aceh - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) siap mendukung generasi milenial diberbagai daerah memiliki hunian yang layak, salah satunya di Provinsi Aceh.