Tantangan Generasi Milenial sebagai Pemimpin di Era Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 31 Oktober 2021 - 11:05 WIB

Generasi Milenial (Ist)
Generasi Milenial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Perkembangan di era digital sendiri berjalan dengan pesat. Saar ini kita berada pada era revolusi industri 4.0 bahkan kita dalam proses menuju society 5.0. Teknologi ini juga membuat sebagian generasi mengalami kesenjangan, terutama pada generasi baby boomers dan generasi X sebagai seorang digital imigran.

Berbeda dengan itu, salah satu generasi yang mahir dengan penggunaan teknologi misalnya generasi Milenial. Generasi ini dekat dengan internet dan penggunaan teknologi. Jadi, menggunakan ruang digital bagi generasi milenial lebih mudah.

“Dengan adanya digital, generasi ini menjadi multitasking. Di dunia kerja, generasi ini biasa memanfaatkan teknologi. Pekerjaannya pun tidak bisa jauh-jauh dari penggunaan gawai. Genersi-generasi milenial pun sudah biasa menghadapi siuasi pandemi yang serba online,” ujar Sophie Beatrix, Psikolog Praktisi bidang Pendidikan dan Industri dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Di masa depan, generasi ini merupakan calon pemimpin. Sophie mengatakan, di era digital seperti ini pemimpin-pemimpinnya harus memiliki kemampuan e-leadership. Jadi pemimpin ini harus bisa transformatif, memiliki kemampuan interpersonal yang baik, mampu berkomunikasi secara terbuka, dan  mampu beradaptasi. 

Dengan perkembangan teknologi yang ada, generasi milenial sebagai pemimpin pun harus kreatif dan inovatif dalam membuat ide baru atau mengembangkan ide-ide yang telah ada. Ia menuturkan, generasi ini harus percaya diri dan menghargai perbedaan hal ini didasarkan pada negara Indonesia yang memiliki budaya multikulturalisme. Lalu, tanggap terhadap perkembangan digital, dan memiliki kepedulian terhadap masalah sosial. 

“Tantangan generasi milenial sebagai pemimpin masa depan harus menjadi leader-leader yang tangkas, transparan jadi informasi yang disampaikan harus secara jelas, memiliki integritas dan hati nurani tentunya. Kemajuan digital ini diharapkan bisa membantu kita agar negara kita bisa semakin maju kedepannya,” ujarnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Lendy Yustena (Co-Founder GMC Group), Chika Amalia (Public Figure Branding & Partnership), Hellen Citra Dewi (Psikolog dan Trainer SEJIWA), dan Nimas Pertiwi (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Menperin Agus Sidak Distributot Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Minggu, 03 Juli 2022 - 15:25 WIB

Kemenperin: 130 Perusahaan CPO dan MGS Sudah Daftar di SIMIRAH 2.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.