Mendominasi Hingga 2035, Ini Tantangan Generasi Milenial di Era Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 29 Oktober 2021 - 16:35 WIB

Ilustrasi Pekerja Milenial
Ilustrasi Pekerja Milenial

INDUSTRY.co.id - Generasi milenial mendominasi cakupan penduduk Indonesia, generasi yang terlahir di antara tahun 1981 hingga 1996 merupakan pemimpin di masa mendatang. Generasi milenial memiliki karakter akrab dengan pengunaan teknologi, berani berinovasi, memiliki kemandirian, serta cenderung menyukai melakukan segala sesuatunya dengan cepat atau instant. 

Fiona Damanik seorang Psikolog dan Konseler dari Universitas Muktimedia Nusantara mengatakan pemimpin saat ini sedang memimpin kalangan dengan multigenerasi, ada kelompok milenial yang sudah akrab dengan teknologi dan satunya lagi non milenial. Sebagai pemimpin tentunya harus mengetahui tipikal generasi yang berbeda saat ini, untuk milenial maupun di luar milenial harus lebih dikenali karakteristiknya seperti apa dan gaya kepemimpinannya apakah sudah cocok dan sesuai. 

Selain itu telah terjadi perubahan pola kepemimpinan dari zaman ke zaman yang dulunya ada masa tirani, dipimpin raja dan mengalami masa penjajahan, merdeka hingga kini sudah ada di era digital. Dengan adanya teknologi, sudah bukan lagi kerja keras tapi bekerja pintar. Maka penimpin di generasi milenial lebih digerakan di cita-cita, mimpi dan harapan untuk bisa membawa kehidupan yang lebih nyaman lagi.

“Melihat hal itu terdapat tantangan menjadi pemimpin di era digitalisasi ini, yakni perubahan pola kerja dari bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah atau WFH yang harus dilandasi kepercayaan dan dibangun dengan komunikasi yang baik,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I,  melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Selain itu ada tantangan persaingan bisnis antara perusahaan besar dengan start up, dan adanya gap generasi serta kebutuhan akan pengetahuan teknologi bagi pemimpin yang bukan kalangan milenial. Sehingga pemimpin yang diperlukan di era digital ialah pemimpin yang lincah berpikir, dan bergerak cepat.

“Pemimpin jenis ini disebut sebagai agile menurut Studi Pada Kepemimpinan Ridwan Kamil yang dipublikasikn di Jurnal Kepemimpinan. Di mana pemimpin agile harus memiliki karakter digital mindset, aktif dalam mendengarkan, cerdas melihat peluang, inklusif atau mau menerima ide-ide dari beberapa kalangan, berani beda dan pantang menyerah,” jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Klemes Rahardja, Founder Enterpreneur Society, Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning, Rino, dari Kaprodi Teknik Informatika, dan Randi Rinaldi, seorang Enterpreneur. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…