Ikuti Orang-Orang Inspiratif untuk Memberi Pengaruh Positif di Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 29 Oktober 2021 - 10:40 WIB

Aplikasi Media Sosial (Ist)
Aplikasi Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Aktivitas online semakin tinggi sejak pandemi Covid-19. Pengguna aktif media sosial di Indonesia pun telah mencapai 170 juta dari 202,6 juta orang yang memakai internet. 

Sebagai media daring, media sosial digunakan agar para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, jejaring sosial, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Aloysius Wemby, Risk Management Consultant PT Prudential Indonesia mengatakan, perkembangan zaman kemudian membuat kehadiran media sosial semakin beragam. Banyak yang menganggap bahwa perubahan ini memberikan dampak, sekilas media sosial hadir untuk memberikan kemudahan mendapatkan informasi. Tak hanya itu, media sosial juga digunakan untuk berkomunikasi, personal branding, sebagai sarana berbisnis dan pembelajaran.

“Tapi sebenarnya ada dampak negatifnya, setiap orang penting untuk mengetahuinya sehingga setiap orang bisa memanfaatkan media sosial secara positif,” ujar saat webinar Literasi Digital wilayah Jabar I Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran perd yang diterima Industry.co.id.

Selain itu media sosial ternyata membuat kecanduan, bahkan Indonesia masuk dalam 10 besar negara yang kecanduan. Bisa dibayangkan sejak bangun tidur, saat makan, menjaga anak, belajar, bekerja, hampir tak bisa lepas dari membuka gawai. Kebiasaan tersebut pun menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu namun tidak produktif jika apa yang dilakukan di media sosial ternyata bukanlah hal produktif.

Dia pun memberikan tips agar setiap orang bisa memanfaatkan media sosial secara lebih produktif dan kreatif. Terutama untuk membangun relasi dan membuka peluang, dengan cara mengikuti atau follow orang-orang yang memberi inspirasi secara positif, sehingga bisa memicu sikap produktif dan kreatif.

Media sosial juga efektif untuk membangun jaringan dan komunitas yang bermanfaat. Tapi tentunya saring dulu akun yang patut dijadikan sarana berkomunitas, hal tersebut bisa dilihat dari unggahan yang sering dibagikannya. Sehingga akan makin banyak mengenal orang dan terhubung relasi baik. 

"Usai membangun relasi setiap orang juga bisa belajar dari orang yang sudah berhasil, misalnya YouTuber. Influencer maupun Content Creator yang sekarang sudah sukses," tukasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I,merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula nara sumber seperti Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi, Golda Siregar, Senior Consultant at Power Character, dan Nimas Pertiwi, seorang Model. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Kemenperin: Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun di Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…