Peran Pelajar Pancasila di Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:45 WIB

Literasi Digital
Literasi Digital

INDUSTRY.co.id - Di era digital, para pelajar generasi muda yang juga merupakan generasi digital ini sangat senang untuk mengekspresikan dirinya. Generasi ini pun cenderung menuntut kebebasan, memiliki banyak sumber belajar, menyukai komunikasi dua arah, berbagi, dan berkolaborasi.

Umi Fadhilah, Ketua MGMP Bahasa Inggris Kota Depok mengatakan, para pelajar sepatutnya menerapkan Pancasila sebagai landasan dalam memanfaatkan ruang digital. Ia memaparkan, Kemendikbud telah mencirikan enam ciri pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter. Di antaranya, bertakwa kepada Tuhan, kebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Terkait keenam ciri tersebut, pelajar jadi memiliki kemampuan untuk mengakses, mengeksplorasi, dan sekaligus menyeleksi informasi dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Kita harus bijak dan crosscheck setiap informasi,” jelas Umi dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.od.

Sebagai pelajar di dunia digital, kita juga harus memiliki kesadaran bahwa setiap manusia itu setara. Pelajar terdidik diharapkan mampu memiliki pengetahuan yang cukup untuk mendefinisikan konten berisi penghinaan, perendahan, pengucilan, perundungan, dan konten negatif lainnya terhadap seseorang atau kelompok agar dapat dihindari. Kemudian, memahami konsep kolaborasi yang dapat mewujudkan keberhasilan bersama dalam kegiatan pembelajaran.

Kemampuan berpikir, menganalisis, dan mengolah informasi yang kita dapatkan. Di ruang digital, kita perlu menerapkan hal tersebut karena berpengaruh dalam pengambilan keputusan dan meminimalisir hoaks. Tentunya, sebagai pelajar Pancasila di era digital perlu menjadi seseorang yang kreatif agar mampu berkompetisi di dunia digital yang berkembang dengan pesat.

“Menghasilkan karya dari kreativitas akan bermakna, bermanfaat, dan berdampak bagi dirinya sendiri, orang sekitar, dan masyarakat luas secara umum dengan memanfaatkan internet secara bijak,” tuturnya.

Pengamalan nilai dan ciri Pancasila ini akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari ketika menggunakan literasi digital. Agar tetap memiliki kebebasan dalam berpendapat, tetapi juga bertanggung jawab atas pendapatnya tersebut.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Senin (25/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Atib Taufik (Ketua MGMP Kota Depok), Kardi (Wakabid Humas SMP Negeri 7 Depok), Umi Fadhilah (Ketua MGMP Bahasa Inggris Kota Depok), Eddy Purnomo (Digital Business Project Manager OCBC), dan Made Nandhika (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…