Memanfaatkan Media Sosial Agar Bisnis Makin Cuan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Oktober 2021 - 11:30 WIB

Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)
Ilustrasi Milenial Menggunakan Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Media sosial bukan sekadar tempat untuk eksis dengan menunjukkan gaya hidup. Kini fungsi media sosial menjadi lebih luas lagi, bahkan bisa menjadi sarana digital marketing dan menghasilkan cuan.

Berawal dari masa merantau di Singapura ketika masih kuliah dan bekerja, Michiko Utoyo memulai bisnis jasa titip yang saat ini populer disebut jastip. Hampir 5 tahun kuliah dan bekerja di Singapura tahun 2003 hingga 2008, saat rutin pulang ke Indonesia untuk liburan semester kuliah sejak itulah dia aktif menerima jastip.

“Namanya aku anak marketing dan waktu itu yang terpikir gimana nambah uang jajan. Aku melihat celah, ajang titip beli menjadi sesuatu yang produktif menghasilkan,” ujar Michiko saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Waktu itu menurutnya belum ada istilah jastip, dia hanya disebut sebagai personal shopper, nah, saat dia sudah menetap di Indonesia jastip tersebut tetap berjalan karena hobinya traveling ke berbagai tempat.

Melalui jastip tersebut dia pun menambah jaringan pertemanan dan tentu saja peluang. Saat itu dia menggunakan platform digital yaitu What’sApp grup, biasanya sebelum berangkat Michiko membuat pengumuman di Instagram yang menghubungkan link What’sApp untuk melakukan pemesanan atau PO.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam menjalankan jastip tersebut sosial network ini menjadi aset. 

"Sehingga dia pun terus menjalin hubungan baik dengan klien, tidak sekadar sebagai penjual dan pembeli saja. Berbagai platform digital yang pernah digunakan pun berkembang dari mulanya BBM, Facebook, Instagram, hingga What’sApp group," jelasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I,merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Daniel Hermansyah, CEO Kopi Chuseyo, Vivi Indriani, Marcomm Manager Bumbumbuku, Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi dan Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…