Ini 11 Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Selain Google Translate

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 Oktober 2021 - 16:51 WIB

Ilustrasi translate
Ilustrasi translate

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Data EF English First Proficiency Index yang diperoleh dari riset 100 negara pada tahun 2020 menyatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat 74 dalam hal kecakapan bahasa Inggris atau setara dengan Bahrain dan Maroko.

Posisi tersebut tentu masih tertinggal dibandingkan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura di posisi 10, Filipina di posisi 27, dan Malaysia di posisi 30. Jadi, tak mengherankan bila Google Translate masih menjadi primadona di tanah air karena mayoritas masyarakat sangat membutuhkan aplikasi translate Inggris-Indonesia.

Sebenarnya, masih banyak aplikasi selain Google Translate yang dapat kamu andalkan untuk membantu menerjemahkan kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

Dari informasi yang diperoleh INDUSTRY.co.id, Selasa (26/10/2021) beberapa aplikasi translate yang bisa kamu gunakan antara lain:

1. Microsoft Translator
Aplikasi translate Inggris-Indonesia yang satu ini dapat diakses oleh para pengguna Microsoft melalui hp maupun pc. Lebih hebatnya lagi, aplikasi berukuran 64 MB ini bisa menerjemahkan bahasa asing melalui fitur Camera Translation sehingga kamu tak perlu repot mengetik. Selain bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia, Microsoft Translator juga dapat menerjemahkan lebih dari 70 bahasa lainnya, misalnya Mandarin, Jepang, Korea, Arab, Italia, Belanda, dan masih banyak lagi.

2. Yandex.Translate
Translate Inggris-Indonesia juga semakin praktis kalau kamu menggunakan aplikasi Yandex.Translate. Aplikasi ini unggul karena bisa digunakan secara online maupun offline serta bisa menerjemahkan bahasa asing dalam bentuk foto. Penggunaan Yandex.Translate tak akan membebani hp-mu karena ukurannya hanya 12 MB saja.

3. Microsoft Bing Search
Aplikasi berukuran 43 MB ini ternyata bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk translate bahasa asing. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lain pada aplikasi ini, antara lain Games (berisi lebih dari 100 games online Microsoft, Atari, dan developer game lainnya), Unit Converter (untuk konversi satuan), Voice Search, dan Weather. Keunggulan tersebut tentu membuat Microsoft Bing Search tak kalah diminati dibandingkan aplikasi Google Translate.

4. iTranslator – Voice To Voice Translation
Tak banyak yang tahu kalau ada aplikasi yang bisa menerjemahkan bahasa asing dalam format suara, yaitu aplikasi iTranslator. Jika kamu menggunakan aplikasi berukuran 41 MB ini, kamu bisa mempelajari intonasi dalam bahasa Inggris maupun bahasa lainnya secara praktis. Lebih hebatnya lagi, iTranslator telah mendukung proses terjemahan lebih dari 90 bahasa.

5. All Languages Translator – Free Voice Translation
Selanjutnya, ada aplikasi All Languages Translator – Free Voice Translation yang bisa membantumu translate Inggris-Indonesia secara praktis. Aplikasi ini berukuran 10 MB sehingga tidak menyita banyak kapasitas penyimpanan hp. Ada fitur Voice Translation pada aplikasi ini yang membuat proses penerjemahan bisa berlangsung lebih cepat.

6. Naver Papago – AI Translator
Artificial Intelligence yang disematkan pada aplikasi Naver Papago membuatnya mempunyai berbagai fitur unggul yang tidak ada pada aplikasi sejenis. Aplikasi berukuran 25 MB ini bisa menerjemahkan bahasa dalam format teks, suara, maupun foto. Selain itu, Naver Papago juga memiliki fitur Conversation Translation yang memudahkan proses penerjemahan saat kamu berbicara dengan orang lain yang berbahasa asing.

7. Talking Translator
Aplikasi sejenis Naver Papago yang juga bisa diandalkan untuk translate Inggris-Indonesia maupun bahasa asing lainnya adalah Talking Translator. Teknologi Voice Recognition pada aplikasi berukuran 32 MB ini mampu mendeteksi bahasa asing dalam waktu 1 detik saja. Selain dapat menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia, Talking Translator juga bisa dimanfaatkan untuk menerjemahkan lebih dari 100 bahasa asing lainnya.

8. Easy Language Translator
Banyak orang menyukai aplikasi ini karena ukurannya hanya 7,2 MB. Easy Language Translator dapat membantu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa asing, termasuk translate Inggris-Indonesia. Proses penerjemahannya berlangsung singkat dan mudah, bahkan kamu bisa menyimpan terjemahaan suara dalam format MP3. Bahkan, fitur terjemahan aplikasi ini juga terus di-update sehingga dapat menerjemahkan bahasa asing yang jumlah penuturnya sedikit, seperti Hawaii, Kazakhstan, Luksemburg, Samoa, dan Uzbekistan.

9. Travel Phrasebook
Travel Phrasebook adalah aplikasi terjemahan berukuran 46 MB yang cocok digunakan saat travelling. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline sehingga dapat membantumu saat travelling ke tempat yang tidak memiliki koneksi internet. Selain menerjemahkan kata per kata, kamu juga bisa mempelajari berbagai frasa populer saat menggunakan Travel Phrasebook, misalnya frasa selamat pagi, terima kasih, atau ini harganya berapa dalam berbagai bahasa asing.

10. Indonesian English Dictionary & Translator Free
Kalau kamu ingin menggunakan aplikasi khusus translate Inggris-Indonesia atau sebaliknya, kamu bisa mencoba Indonesian English Dictionary & Translator Free. Aplikasi berukuran 62 MB ini menyediakan informasi tentang terjemahan Inggris-Indonesia secara rinci, mirip seperti Google Translate. Di samping itu, kamu juga bisa belajar aksen British English dan American English secara praktis bila menggunakan aplikasi Indonesian English Dictionary & Translator Free.

11. Indonesian English Translation | Translator Free
Satu aplikasi translate Inggris-Indonesia lagi yang menarik untukmu adalah Indonesian English Translation | Translator Free. Ukurannya hanya 6,2 MB dan tampilannya sangat simpel sehingga mudah digunakan siapa saja. Meskipun terkesan sederhana, aplikasi Indonesian English Translation juga memiliki fitur Voice Translation yang mempermudah proses terjemahan ketika kamu berbicara dengan orang asing.

Di antara 11 aplikasi translate Inggris-Indonesia tersebut, manakah yang jadi pilihanmu? Mulai sekarang, jangan malas belajar bahasa asing secara konsisten melalui berbagai aplikasi penerjemah tersebut, ya. Dengan menguasai bahasa asing, akan memudahkan kamu dalam pekerjaan, keuangan, hubungan sosial, dan terutama memudahkan kamu untuk belajar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…