Tips Agar Tidak Kecanduan Bermain Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Oktober 2021 - 16:45 WIB

Media Sosial (Ist)
Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan dan kini sudah mencapai 202,6 juta dengan 170 juta pengguna aktif di media sosial. Internet bisa membuat konsumtif, tapi ternyata bisa menjadi sarana produktif selama bisa memanfaatkannya dengan tepat, apalagi jik melihat fakta pontensi pengguna tersebut.

Sugiarti, Instruktur Edukasi4ID mengatakan media sosial bisa membuat seseoramg berpotensi jadi konsumtif, namun juga dapat mengarah menjadi inovatif dan produktif. Mengenai konsumtif, diartikan sebagai memenuhi keinginan, status dan gaya hidup. Sehingga mudah tergoda membeli produk dan barang yang belum tentu bermanfaat.

“Pengguna media sosial juga dapat terpengaruh dengan informasi yang tidak bermanfaat, dan menjadi konsumtif saja jika hanya digunakan untuk mencari hiburan dan kesenangan,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sementara itu, media sosial sebenarnya bisa membawa seseorang menjadi kreatif dan inovatif. Sebagai pemenuhan kebutuhan, berbagi informasi dan relasi, mendapatkan pengetahuan dan wawasan, mendapatkan referensi tempat belanja yang sesuai kebutuhan, dan tempat menyalurkan hobi. Bahkan media sosial bisa memberikan manfaat ekonomi dengan menghasilkan uang,

Supaya tidak kecanduan media sosial, dia mengatakan agar mengatur waktu penggunaan dan memilih informasi yang bermanfaat. Meski terdapat sisi kreatif dan produktif, produksi konten di media sosial merupakan salah satu hasilnya yang bisa disesuaikan dengan pemahaman pembuat konten. Tentunya isinya harus positif serta informatif, dengan sifat menghibur dan memberi rasa senang dan  mendidik lewat konten yang memberikan contoh perilaku positif.

“Sisi bermanfaat dari sebuah konten juga diperlukan dengan memberikan nilai tambah dibanding konten lainnya,” tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Maria Ivana, Graphic Designer JCO, Riono Basuki, Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Parung, Puguh Rismadi, Instruktur Edukasi4ID, dan Vivian Wijaya, Enterpreneur & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…